dc.contributor.author | PUTRI, Nadila Afridelina Dwi | |
dc.date.accessioned | 2022-09-07T22:12:36Z | |
dc.date.available | 2022-09-07T22:12:36Z | |
dc.date.issued | 2022-05-20 | |
dc.identifier.nim | 180210205080 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109278 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 8 September 2022 | en_US |
dc.description.abstract | Dengan adanya pandemi covid-19 ini banyak sekolah di Indonesia wajib
mentaati kebijakan Pemerintah untuk memberlakukan kegiatan belajar dari rumah
(BDR). Kegiatan belajar dari rumah (BDR) membuat orang tua harus
mengoptimalkan upaya untuk mendidik anak. Sebelum adanya pandemi covid-19
ibu bisa membagi waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan anak
bisa menimba ilmu di sekolah, tetapi saat BDR mulai aktif diberlakukan maka
tugas ibu bertambah yaitu harus meluangkan banyak waktu untuk mendampingi
pembelajaran anak di rumah.
Bedasarkan hasil observasi yang dilakukan TK ABA 1 Balung, bahwa di
TK tersebut menggunakan sistem belajar dari rumah yang berdampak baik
terhadap perkembangan anak kelompok B. Pernyataan di atas didukung pula dari
wawancara awal bersama wali kelas di TK ABA 1 Balung yang mengatakan
bahwa siswa memiliki perkembangan kognitif yang sangat baik. Contohnya pada
berpikir simbolik, anak bisa mengenal berbagai macam bilangan, mencocokan
bilangan dengan lambang bilangan dan dapat menggunakan lambang bilangan
untuk menghitung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dalam program belajar dari rumah terhadap kemampuan berpikir
simbolik di masa pandemi covid-19 kelompok B di TK ABA 1 Balung. Rumusan
masalah penelitian adalah apakah terdapat hubungan antara pola asuh orang tua
dalam program belajar dari rumah dengan kemampuan berpikir simbolik di masa
pandemic covid-19 kelompok B di TK ABA 1 Balung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian
korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan
sampel jenuh dimana 10 anak kelompok B di Tk ABA 1 Balung menjadi subjek
penelitian beserta 1 orang tua dari masing-masing anak. Pengumpulan data
menggunakan kuisioner pada pola asuh dan observasi untuk kemampuan berpikir
simbolik anak. Analisis data menggunakan korelasi tata jenjang.
Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini yaitu, terdapat hubungan
pola asuh orang tua dalam program belajar dari rumah dengan kemampuan
berpikir simbolik di masa pandemi covid-19 kelompok B di TK ABA 1 Balung.
Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menggunakan rumus korelasi tata
jenjang dengan perhitungan manual diperoleh nilai rhitung sebesar 0,843 sedangkan
rtabel 0,576 dengan taraf signifikan 5% maka rhitung lebih besar dari rtabel sehingga
Ha diterima Ho ditolak. Maka dapat dilihat dalam table pedoman interpretasi
koefisien korelasi rhitung yang berada pada rentang 0,800 sampai 1,00 maka
hubungan yang didapat memiliki kriteria hubungan tinggi. Maka kesimpulannya
dalam penelitian ini adalah “Ada hubungan yang tinggi antara pola asuh orang tua
dengan kemampuan berpikir simbolik di TK ABA 1 Balung”
Bahwa terdapat 20% orang tua yang menerapkan pola asuh permisif dan
dari korelasi parsialnya ditemukan bahwa tidak ada kaitannya perilaku permisif
dengan hasil belajar anak, karena hasil belajar anak-anak cenderung rendah. Saran
yang dapat diberikan yaitu peneliti menganjurkan untuk guru maupun sekolah
untuk menyelenggarakan pertemuan setiap minggu khususnya pada orang tua
yang menerapkan pola asuh permisif. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing I : Dr. Nanik Yuliati, M.Pd.
Pembimbing II : Luh Putu Indah Budyawati. S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | POLA ASUH ORANG TUA | en_US |
dc.subject | PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH | en_US |
dc.subject | BERPIKIR SIMBOLIK | en_US |
dc.subject | MASA PANDEMI COVID-19 | en_US |
dc.title | Hubungan Pola Asuh Orang Tua dalam Program Belajar dari Rumah dengan Kemampuan Berpikir Simbolik di Masa Pandemi Covid-19 Kelompok B di TK ABA 1 Balung | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Nanik Yuliati, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Luh Putu Indah Budyawati. S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |