Pengaruh Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending) terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada Siswa Kelas IV SDN Kedungwungu 03 Banyuwangi
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran CORE (connecting, organizing, reflecting, dan extending) berdampak pada hasil belajar siswa tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV SDN Kedungwungu 03 Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan subyek 30 siswa kelas IV SDN Kedungwungu 03 Banyuwangi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yaitu ada pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran CORE terhadap hasil pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa t_hitung lebih besar dari t_tabel (2,638 > 2,048). Model pembelajaran 82,9% efektif terhadap hasil belajar sementara sisanya 17,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini (Ha) dapat diterima, maka dari itu ada pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran CORE terhadap hasil hasil belajar siswa tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV SDN Kedungwungu 03 Banyuwangi.