dc.contributor.author | SHOLEH, Ahmad | |
dc.date.accessioned | 2022-08-19T08:04:35Z | |
dc.date.available | 2022-08-19T08:04:35Z | |
dc.date.issued | 2022-08-18 | |
dc.identifier.nim | 150210301048 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108976 | |
dc.description.abstract | Proses pembelajaran adalah aktivitas yang berisi komunikasi aktif guru dengan siswa didalam sebuah lingkungan belajar untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran akan tercapai apabila terjadi perubahan perilaku positif pada siswa setelah kegiatan belajar berlangsung. Salah satu perubahan perilaku positif selama proses pembelajaran ditunjukkan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Motivasi dan hasil belajar siswa kelas X AKL 2 SMK Muhammadiyah 1 Genteng Banyuwangi masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah media pembelajaran yang digunakan guru pada materi sebelumnya adalah media microsoft excel berupa template akuntansi dengan rumus yang perlu diatur terlebih dahulu serta seringkali menggunakan metode tugas dan ceramah. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan perbaikan dengan penggunaan media Zahir Accounting untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X AKL 2 SMK Muhammadiyah 1 Genteng Banyuwangi pada mata pelajaran komputer akuntansi kompetensi dasar mencatat jurnal penyesuaian perusahaan jasa semester ganjil tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Satu siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan memaparkan data yang diperoleh peneliti dari hasil pelaksanaan tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari kategori sedang ke kategori tinggi dengan skor rata-rata masing-masing 2,78 pada siklus I dan 3,27 pada siklus II. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 77,10 dengan ketuntasan klasikal 78,95% meningkat pada siklus II menjadi nilai rata-rata siswa sebesar 81,18 dengan ketuntasan klasikal 86,84%. Selain itu, proses pembelajaran menggunakan media Zahir Accounting berjalan dengan baik dan kondusif sesuai dengan rencana perbaikan pembelajaran (RPP) yang dirumuskan sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Zahir Accounting dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X AKL 2 SMK Muhammadiyah 1 Genteng Banyuwangi pada mata pelajaran komputer akuntansi kompetensi dasar mencatat jurnal penyesuaian perusahaan jasa semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran akuntansi kelas X Akuntansi Lanjut SMK Muhammadiyah 1 Genteng Banyuwangi agar media Zahir Accounting dapat dijadikan alternatif penggunaan media dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa khususnya pada kompetensi dasar mencatat jurnal penyesuaian perusahaan jasa. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Sri Kantun, M.Ed.
Dwi Herlindawati, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Aplikasi Zahir Accounting | en_US |
dc.subject | Motivasi Belajar | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar Siswa | en_US |
dc.title | Penggunaan Aplikasi Zahir Accounting untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus pada Siswa Kelas X AKL 2 SMK Muhammadiyah 1 Genteng Banyuwangi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021-2022) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Ekonomi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Sri Kantun, M.Ed. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dwi Herlindawati, S.Pd., M.Pd. | en_US |