Efektivitas Penggunaan Simulasi Phet Dalam Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat efektivitas penggunaan simulasi PhET dalam pembelajaran online pada materi suhu dan kalor berdasarkan hasil belajar siswa. Tingkat efektifitas siswa dapat diketahui melalui hasil uji Pre-test dan Post-test. Simulasi PhET merupakan simulasi laboratorium virtual yang meliputi materi fisika, kimia, matematika, ilmu kebumian, dan biologi. Lebih lanjut, penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Jember mulai tanggal 3 - 6 Januari 2022 pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 2 Jember. Sebelum pengambilan sampel, terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dengan bantuan program SPSS . Uji homogenitas ini digunakan untuk mengetahui apakah data sampel diperoleh dari populasi yang bervarian homogen atau tidak Berdasarkan hasil uji homogenitas yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa populasi memiliki varian yang sama (homogen). Data efektifitas penggunaan simulasi PhET dalam pembelajaran online pada materi suhu dan kalor diperoleh dari hasil tes. diketahui bahwa skor N-gain yang diperoleh yaitu 0,669. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan simulasi PhET dalam pembelajaran online pada materi suhu dan kalor tergolong kategori sedang. Hasil belajar siswa pun meningkat dibandingkan sebelum menggunakan simulasi PhET. Sementara itu, siswa mengaku antusias dan tidak jenuh sehingga siswa lebih mudah untuk memahami materi yang diajarkan guru.