Nilai Karakter Sosial Pada Tradisi "Keboan" Berbasis Audio Visual Serta Pemanfaatannya Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas V Tema Makanan Sehat SDN 2 Benelan Kidul Banyuwangi
Abstract
Nilai karakter sosial dapat dipandang sebagai nilai yang diyakini oleh masyarakat mengenai baik buruk, baik ataupun tidak baik sebuah tindakan ataupun sikap yang diperbuat masyarakat itu sendiri. Nilai-nilai sosial juga seringkali menjadi dasar masyarakat untuk melakukan tindakan dalam hidup bermasyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui nilai sosial dari sebuah tradisi yang dinamakan Keboan berbasis audio visual serta pemanfaatannya sebagai media pembelajaran kelas V Tema Makanan Sehat SDN 2 Benelan Kidul Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Metode wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tradisi Keboan berbasis audio visual mengandung nilai karakter sosial yang dapat diintegrasikan kepada murid di kelas V SD diantaranya; (1) nilai gotong royong, (2) nilai kerja sama, (3) nilai kebersamaan, dan (4) nilai kepedulian sosial serta dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, Tradisi Keboan berbasis audio visual mengandung nilai karakter sosial yang dapat diintegrasikan pada siswa sekolah dasar serta dapat dijadikan media pembelajaran siswa di kelas V SD.