Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dira Cafe and Pool Ambulu Kabupaten Jember
Abstract
Perkembangan ekonomi Indonesia telah maju ditandai dengan munculnya
berbagai usaha bisnis. Salah satu bisnis yang memiliki daya tarik dan mulai terus
bermunculan adalah bisnis kafe. Kafe merupakan tempat nongkrong yang
kekinian dan populer, terlebih di kalangan anak muda. Bisnis kafe di Indonesia
terus tumbuh pesat sehingga patut diperhitungkan sebagai salah satu bisnis yang
menguntungkan di era modern ini. Perkembangan bisnis kafe ini didukung oleh
minat beli masyarakat yang meningkat serta gaya hidup modern masyarakat
terutama kalangan anak muda. Oleh karena itu pelaku bisnis kafe harus bisa
memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen agar bisa menghadapi para
pesaing bisnis.
Semakin banyaknya bisnis kafe yang bermunculan dengan konsep-konsep
yang unik menuntut masing-masing pelaku bisnis kafe harus mampu bersaing
agar konsumen memutuskan untuk memilih kafe tersebut sebagai tempat pilihan
berkumpul bersama keluarga, saudara maupun teman. Setiap pelaku bisnis
menyadari bahwa tidak semua produk yang ditawarkan dapat menarik semua
konsumen, oleh karena itu perlu menciptakan suasana lingkungan untuk menarik
konsumen. Store Atmosphere tidak hanya dapat memberikan suasana lingkungan
pembelian yang menyenangkan saja, melainkan juga dapat memberikan nilai
tambah terhadap produk yang dijual.
Sesuai dengan rumusan masalah yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai
dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap
keputusan pembelian konsumen Dira Cafe and Pool Ambulu Kabupaten Jember.
Sehingga hipotesis dari penelitian ini yaitu diduga ada pengaruh yang signifikan
store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen Dira Café and Pool
Ambulu Kabupaten Jember Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang artinya
penelitian yang berhubungan dengan angka-angka. Adapun lokasi penelitian
dilakukan di Dira Cafe and Pool Ambulu Kabupaen Jember. Metode penentuan
lokasi dalam penelitian ini menggunakan purposive area, sedangkan untuk
menentukan sampel menggunakan metode accidental sampling. Metode
pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Metode
analisis data menggunakan garis regresi sederhana. Data primer dalam penelitian
ini diperoleh dari berdasarkan hasil data yang dikumpulkan secara langsung
berupa dari hasil angket yang disebarkan kepada 96 responden. Data sekunder
dalam penelitian ini yaitu data yang diperoleh berdasarkan wawancara dari pihak
lain terkait dengan objek penelitian. Wawancara tersebut dilakukan kepada leader
cafe dan 2 konsumen Dira Cafe and Pool Ambulu.
Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa variabel
store atmosphere sebagai variabel bebas secara signifikan mempengaruhi variabel
keputusan pembelian konsumen sebagai variabel terikat. Hal ini dibuktikan
dengan hasil Uji F yang menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 484,012 > ftabel= 3,942
dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < α = 0,05. Nilai koefisien korelasi dalam
penelitian ini yaitu 0,915 dengan tingkat korelasi yang tergolong sangat kuat,
sedangkan nilai Rsquare = 0,837 yang berarti bahwa persentase pengaruh variabel
bebas terhadap variabel terikat sejumlah 83,7%.
Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh yang signifikan store atmosphere terhadap keputusan pembelian
konsumen Dira Cafe and Pool Ambulu Kabupaten Jember. Adapun saran yang
dapat penulis berikan dalam penelitian ini yaitu bagi pihak kafe, diharapkan untuk
dapat mempertahankan dan terus berinovasi dalam mendesain interior maupun
exterior kafe sehingga membuat pengunjung tetap tertarik. Sedangkan bagi
peneliti lain, diharapkan untuk ikut mempertimbangkan variabel lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini seperti faktor harga, promosi, dan lokasi.