Show simple item record

dc.contributor.authorVinka Lutviyanti
dc.date.accessioned2013-12-20T01:41:32Z
dc.date.available2013-12-20T01:41:32Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070910291028
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10874
dc.description.abstractProgram Jamkesmas merupakan Program bantuan sosial bidang kesehatan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu yang iurannya dibayar oleh pemerintah dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh bagi masyarakat miskin dan agar kebutuhan dasar kesehatannya yang layak dapat terpenuhi. Penyelenggaraan program Jamkesmas dibedakan dalam dua kelompok berdasarkan tingkat pelayanannya yaitu Jamkesmas untuk pelayanan dasar di puskesmas termasuk jaringannya dan untuk pelayanan kesehatan lanjutan di rumah sakit dan balai kesehatan. Puskesmas Pakusari merupakan salah satu Puskesmas Kecamatan di antara 48 Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Jember. Letak Puskesmas ini adalah di bagian timur Kabupaten Jember berada di Jl.Sudirman No.87 Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Sebagai pusat pelayanan kesehatan, Puskesmas Pakusari mempunyai fasilitas 1 Puskesmas Induk, 4 Puskesmas pembantu dan 2 pondok bersalin desa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kualitas pelayanan rawat jalan bagi pengguna kartu Jamkesmas di Puskesmas Pakusari Kabupaten Jember. Kualitas pelayanan yang diinginkan masyarakat adalah pelayanan yang sesuai harapan dan sesuai dengan peraturan yang diberikan oleh pemerintah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi ditetapkan sebanyak 359 pasien. Sampel diambil dengan rumus 25%x359 pasien sehingga menjadi 90 pasien. Penentuan respondennya menggunakan teknik sampling vii insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan model pengukuran milik Parasuraman yaitu ServQual. Perhitungan ini digunakan untuk mengukur dan mendeskripsikan kualitas pelayanan rawat jalan bagi pengguna kartu Jamkesmas di Puskesmas Pakusari Kabupaten Jember. Variabel kualitas pelayanan diukur dengan 5 Indikator yaitu Bukti langsung, keandalan, daya tanggap. jaminan, empati.Hasil perhitungan ServQual dari kelima dimensi tersebut yaitu -1,7 dengan skor rata-rata untuk persepsi 2,7 dan skor harapan 4,4. Hasil analisisnya menyatakan bahwa kualitas pelayanan rawat jalan bagi pengguna kartu Jamkesmas di Puskesmas Pakusari Kabupaten Jember dari hasil perhitungan ServQual masuk dalam kategori tidak baik, karena hasil yang diperoleh dari kelima dimensi kualitas pelayanan memperoleh angka negatif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070910291028;
dc.subjectkualitas pelayanan, rawat jalan, jamkesmasen_US
dc.titleKualitas Pelayanan Rawat Jalan Bagi Pengguna Kartu Jamkesmas Di Puskesmas Pakusari Kabupaten Jember; Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Bagi Pengguna Kartu Jamkesmas Di Puskesmas Pakusari Kabupaten Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record