dc.contributor.author | ANNISA, Fitri | |
dc.date.accessioned | 2022-08-04T02:11:10Z | |
dc.date.available | 2022-08-04T02:11:10Z | |
dc.date.issued | 2022-04-21 | |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108673 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 4 Agustus 2022_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Literasi matematika diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk
merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai
konteks permasalahan untuk memprediksi atau mendeskripsikan suatu fenomena.
Literasi matematika berperan penting untuk mengembangkan kemampuan siswa
dalam memahami dan menerapkan suatu konsep matematis secara efektif. Oleh
karena itu, kemampuan literasi matematika sangta diperlukan untuk meningkatkan
kepekaan siswa terhadap konsep yang relevan dengan masalah yang dihadapinya.
Namun, penilaian kemampuan literasi internasional yang dilakukan oleh OECD
dalam program PISA (Programme for International Student Assessment)
menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia berada
pada tingkat yang rendah. Rendahnya kemampuan ini antara lain dipengaruhi oleh
sulitnya siswa dalam memahami materi karena penggunaan metode pembelajaran
yang kurang tepat. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu media yang dapat
memfasilitasi kebutuhan belajar siswa.
Pertidaksamaan linear-kuadrat merupakan salah satu materi yang
membutuhkan media dalam penyampaiannya. Hal ini karena materi tersebut
banyak disajikan dalam bentuk pemodelan matematika dan daerah himpunan
selesaian yang membutuhkan visualisasi grafik untuk mendapatkan solusi yang
tepat. GeoGebra merupakan salah satu aplikasi media pembelajaran gratis yang
dapat menjawab permasalahan tersebut. Aplikasi ini menyediakan sarana untuk
memvisualisasikan atau mendemonstrasikan konsep matematika yang abstrak
seperti aljabar dan geometri. Selain itu, pengguna dapat merancang GeoGebra ke
dalam bentuk applet dan mendesainnya sesuai kebutuhan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
berdasarkan model Thiagarajan (4-D). Model 4-D berfungsi untuk
mengembangkan suatu produk berupa media pembelajaran dengan melakukan uji
kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pada produk tersebut. Model 4-D terdiri
atas empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design),
pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X IPA 2 di SMAN Arjasa Jember. Uji kevalidan media
dilakukan oleh tiga orang validator dengan mengisi lembar angket validasi dan
memberikan penilaian pada setiap indikator yang diamati. Uji kepraktisan
dilakukan dengan memberikan angket respon yang berisi kesan siswa setelah
menggunakan media pembelajaran. Uji keefektifan dilakukan dengan melakukan
tes berupa pretest dan posttest untuk menghitung peningkatan hasil nilai yang
diperoleh sebelum dan setelah menggunakan media.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran telah
memenuhi kriteria valid dengan tingkat kevalidan sangat tinggi, memenuhi
kriteria praktis dengan tingkat kepraktisan baik, dan kriteria efektif dengan tingkat
sedang. Media yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa dua media yang
terpisah, yaitu media pertidaksamaan linear dan media persamaan kuadrat. Bagi
pihak lain yang ingin melakukan penelitian serupa disarankan agar dapat
mengembangkan media persamaan kuadrat ke dalam versi pertidaksamaan. Selain
itu, peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan uji coba pada skala yang
lebih besar untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektifan media lebih
mendalam. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd
Dosen Pembimbing Anggota : Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | BERBANTUAN GEOGEBRA | en_US |
dc.subject | LITERASI MATEMATIKA | en_US |
dc.subject | PERTIDAKSAMAAN LINEAR-KUADRAT | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Berbantuan Geogebra pada Sistem Pertidaksamaan Linear-Kuadrat dalam Meningkatkan Literasi Matematika Siswa | en_US |
dc.type | Other | en_US |