Show simple item record

dc.contributor.authorASTUTIK, Windy Amelia
dc.date.accessioned2022-08-04T01:56:34Z
dc.date.available2022-08-04T01:56:34Z
dc.date.issued2022-04-12
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108671
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 4 Agustus 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractBerdasarkan fakta bahwa Scientific Explanation Skill siswa tergolong rendah dikarenakan berdasarkan hasil PISA (Programme for Internasional Student Assesment) 2018 bahwasanya siswa tidak dapat membedakan antara argumen yang didasarkan pada bukti dengan teori ilmiah. Hasil wawancara dengan guru IPA Kelas VIII di SMPN 3 Jember diperoleh bahwa Scientific Explanation Skill siswa masih kurang. Proses pembelajaran siswa cenderung menjawab pertanyaan dengan jawaban singkat tanpa didasarkan pada bukti dan tidak disertai dengan penjelasan yang relevan dari jawaban yang diberikan. Selama proses pembelajaran siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami materi IPA yang diajarkan karena terlalu banyak materi yang harus dipelajari dan dikarenakan kurangnya literasi siswa dalam membaca sehingga kurangnya informasi atau pengetahuan yang diperoleh siswa. Bahan ajar yang digunakan oleh siswa seperti buku paket atau LKS (Lembar Kerja Siswa) tidak memuat materi dan latihan soal yang dapat melatih siswa untuk meningkatkan Scientific Explanation Skill. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan e-modul interaktif berbasis articulate storyline 3 untuk meningkatkan Scientific Explanation Skill siswa SMP dalam pembelajaran IPA. Penggunaan e-modul interaktif berbasis articulate storyline 3 dapat menimbulkan kegiatan pembelajaran yang menarik, melatih dan memahami materi pembelajaran yang berbasis Scientific Explanation Skill, serta terjadinya interaksi dua arah sehingga siswa termotivasi dalam belajar. E-modul interaktif berbasis articulate storyline 3 yang hasilkan berupa web (html) dengan tampilan e-modul interaktif menggunakan background berwarna gradasi dilengkapi adanya cover, halaman pengantar yang memuat menu informasi, menu profil, menu belajar, dan tombol close serta daftar pustaka. viii Penelitian pengembangan ini dirancang untuk menghasilkan e-modul interaktif berbasis articulate storyline 3 untuk meningkatkan Scientific Explanation Skill siswa SMP dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-modul interaktif berbasis articulate storyline 3 untuk meningkatkan Scientific Explanation Skill siswa SMP dalam pembelajaran IPA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Instrumen perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon siswa, pre-test dan post-test. Teknik perolehan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, validasi, tes pre-test dan post-test, dan angket respon. Data yang diperoleh adalah validasi, respon data siswa, tes pre-test dan post-test siswa.Data hasil validasi perangkat pembelajaran berupa silabus dinyatakan sangat valid dengan presentase sebesar 97,75% dan validasi RPP dinyatakan sangat valid dengan presentase sebesar 98,125%. Hasil validasi perangkat pembelajaran berupa silabus dan RPP dinyatakan sangat valid oleh 3 validator dan layak dipergunakan. Hasil validasi e-modul interaktif berbasis articulate storyline 3 untuk meningkatkan Scientific Explanation Skill siswa SMP pada materi zat aditif dan zat adiktif dinyatakan sangat valid dengan presentase sebesar 94,25%. Uji pengembangan dilakukan di SMP Negeri 3 Jember pada kelas VIII G dengan jumlah sebanyak 32 siswa dalam 4 kali pertemuan. Hasil kepraktisan e-modul interaktif berbasis articulate storyline 3 menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunaan e-modul interaktif berbasis articulate storyline 3 dinyatakan sangat baik dengan presentasi yang diperoleh sebesar 90%. Hasil tes Scientific Explanation Skill siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pre-test ke post-test. Nilai rata-rata pre-test siswa sebesar 65 dan nilai rata-rata post-test siswa sebesar 76 sehingga nilai N-gain pada pre-test dan post-test diperoleh sebesar 0,31 yang termasuk kategori sedang. Hasil presentase rata-rata respon siswa yang diperoleh sebesar 81,88% termasuk kategori positif. Penggunaan e-modul interaktif berbasis articulate storyline 3 dapat memotivasi, merasa senang, dan memahami materi khususnya melatih meningkatkan scientific explanation skill siswa SMP kelas VIIIen_US
dc.description.sponsorshipDr. Supeno, S.Pd., M.Si. Dr. Iwan Wicaksono, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectE-MODUL INTERAKTIFen_US
dc.subjectSCIENTIFIC EXPLANATION SKILLen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN IPAen_US
dc.subjectARTICULATE STORYLINEen_US
dc.titlePengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Scientific Explanation Skill Siswa SMP dalam Pembelajaran IPAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record