Show simple item record

dc.contributor.authorMUSRIFAH, Istianah
dc.date.accessioned2022-07-18T08:01:43Z
dc.date.available2022-07-18T08:01:43Z
dc.date.issued2022-06-21
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108515
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk menjabarkan proses serta hasil pengembangan bahan ajar “E-book Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Jember”, pada peserta didik kelas IV SD. Jenis penelitian ini, adalah penelitian dan pengembangan mengacu pada model R & D oleh Borg and Gall yang terdiri atas 7 tahap, meliputi analisis kebutuhan, perencanaan serta desain produk, pelaksanaan pengembangan produk, validasi, revisi produk, uji coba produk, dan revisi serta penyebaran produk akhir. Hasil produk pengembangan e-book berbasis kearifan lokal Jember memenuhi 2 kriteria, yaitu valid dan efektif. Valid ditunjukkan dengan hasil validasi produk yang mencapai skor 93,75, skor tersebut didasarkan pada rerata penilaian 3 validator ahli. Efektif, dibuktikan dengan hasil persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal mencapai 96,42%, serta persentase respon peserta didik mencapai 100%. Berdasarkan hasil analisis data, maka e-book berbasis kearifan lokal Jember bisa dipakai sebagai bahan ajar di SD.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectE-BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL JEMBERen_US
dc.subjectPENELITIAN PENGEMBANGANen_US
dc.titlePengembangan E-Book Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Jember pada Peserta Didik Kelas IV di SDN Jember Lor 03en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record