• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Enjoyment, Trust, dan Kualitas Fungsional Terhadap Keputusan Pembelian Item Virtual Game Online dengan Limited Edition Sebagai Variabel Moderasi

    Thumbnail
    View/Open
    M. SYAHRONI - 170810201159.pdf (4.695Mb)
    Date
    2021-04-21
    Author
    SYAHRUNI, M.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan internet memberikan kemudahan akses dalam melakukan aktivitas sosial, bisnis, dan hiburan. Salah satu jenis hiburan yang mengalami perkembangan adalah game online. Game online kini sudah menggunakan sistem microtransaction, yaitu sistem untuk memperjual belikan item dalam game. Penjualan item virtual sangat menarik bagi seorang gamers. Hal ini menimbulkan pertanyaan mengapa seorang gamers mau mengeluarkan uang untuk membeli item virtual yang merupakan barang non-fisik. Ada beberapa alasan pemain game online membeli item virtual, seperti kepercayaan gamers terhadap situs game karena pengguna cenderung memilih produk yang sudah terpercaya, ingin karakternya lebih kompetitif dalam bersaing dengan pemain lainnya dengan membeli item yang memiliki kualitas fungsional yang baik, pemain game online membeli item virtual untuk menambah kesenangan dengan item yang dibelinya, selain itu untuk citra diri agar terlihat unik dan beda dari pemain game online lainnya dengan membeli item limited. Penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh determinan dari enjoyment, trust, dan kualitas fungsional terhadap keputusan pembelian dengan limited edition untuk memoderasi hubungan antara enjoyment dan kualitas fungsional terhadap keputusan pembelian. Objek pada penelitian ini adalah pemjualan item virtual game online. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 240 responden dari pemain game yang pernah membeli item virtual dengan teknik pengumpulan purposive sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data cross-section dengan sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner online melalui google form. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square (PLS). Hasil pada penelitian ini adalah enjoyment berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, trust tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas fungsional berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, limited edition memoderasi hubungan antara enjoyment terhadap keputusan pembelian. limited edition tidak memoderasi hubungan antara kualitas fungsional terhadap keputusan pembelian
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108424
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12419]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository