Show simple item record

dc.contributor.authorINSANI, Khusnul
dc.date.accessioned2022-07-14T03:50:28Z
dc.date.available2022-07-14T03:50:28Z
dc.date.issued2021-02-06
dc.date.submitted
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108412
dc.descriptionValidasi unggah file repositori_Iswahyudi Finalisasi unggah file repositori tanggal 14 Juli 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractAbad 21 merupakan abad yang berlandaskan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, sehingga menuntut SDM sebuah negara untuk menguasai berbagai keterampilan termasuk keterampilan berfikir kritis. Untuk itu perlu menyiapkan siswa Indonesia untuk memiliki kemampuan berpikir kritis.. Karena itu tujuan dari berpikir kritis adalah agar dapat menjauhkan seseorang dari keputusan yang keliru dan tergesa-gesa sehingga tidak dapat dipertanggungjawabkan. Kemampuan berfikir kritis mendukung keberhasilan dalam studi maupun bekerja. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah STEM, dikenal sebagai pendekatan pembelajaran terapan yang menggunakan pendekatan antar-ilmu. Aplikasi STEM dibarengi dengan pembelajaran aktif dan berbasis pemecahan masalah sehingga siswa dididik untuk berpikir kritis, analitis, dan fokus kepada solusi. Pendekatan STEM dapat diimplementasikan dengan model Learning Community. Learning Community bertujuan meningkatkan prestasi belajar siswa dengan cara berbagi dengan teman yang berkemampuan, memecahkan masalah bersama, menanamkan tanggung jawab bersama, dan mengembangkan kehidupan siswa. Pendekatan STEM cocok untuk diterapkan di SMK. STEM menerapkan pembelajaran berbasis pemecahan masalah yang sengaja menempatkan penyeledikan ilmiah dan penerapan matematika dalam konteks merancang teknologi sebagai bentuk pemecahan masalah. Dalam penelitian ini digunakan materi barisan & deret aritmatika karena materi ini sesuai dengan pembelajaran STEM. Materi barisan & deret aritmatika diajarkan di Kelas X. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Dengan STEM berbasis Learning Community dapat mempengaruhi kemamampuan Berpikir Kritis ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah didasarkan pada model pengembangan perangkat pembelajaran Pengembangan dalam penelitian ini merupakan model 4- D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model pengembangan ini terdiri dari 4 tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Tahap define adalah tahap untuk menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran.Tahap perancangan bertujuan untuk merancang perangkat pembelajaran.Tahap pengembangan adalah tahap untuk menghasilkan produk pengembangan yang dilakukan melalui dua langkah, yakni: (1) penilaian ahli (expert appraisal) yang diikuti dengan revisi, (2) uji coba pengembangan (developmental testing). Tahap disseminasi merupakan suatu tahap akhir pengembangan produk. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Rata-rata keseluruhan nilai validari RPP, LKS, dan THB berturut-turutsebesar 4.,50, 4,4 dan 4,5. Kevalidan ditinjau dari ketiga validator yakni dua dosen dan satu guru matematika SMK Negeri 2 Bondowoso. Kepraktisan ditinjau dari aktivitas guru pembelajaran untuk mengetahui aktivitas guru didapat dari hasil pengamatan oleh observer, berdasarkan hasil pengamatan aktivitas guru diperoleh rata-rata sebesar 90% yang menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran berlangsung dengan baik, Sedangkan hasil pengamatan aktivitas siswa selama lima pertemuan berada pada kriteria baik. Aspek efektivitas ditinjau dari hasil angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis respon siswa menunjukkan bahwa presentase respon siswa sebesar 84% hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif karena banyaknya siswa yang memberi respon positif≥ 80%en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Dr. Hobri, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing anggota : Drs. Antonius Cahya P., M.App.Sc., Ph.Den_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPerangkat Pembelajaranen_US
dc.subjectScienceen_US
dc.subjectTechnologyen_US
dc.subjectEngineering, and Mathematics (Stem)en_US
dc.subjectLearning Communityen_US
dc.subjectKemampuan Berpikiren_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Science,Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Berbasis Learning Community dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret Aritmatikaen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record