Show simple item record

dc.contributor.authorLESTARI, Elsa Mita
dc.date.accessioned2022-07-14T00:04:36Z
dc.date.available2022-07-14T00:04:36Z
dc.date.issued2022-04-14
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108395
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tanggal 14 Juli 2022en_US
dc.description.abstractKeterampilan proses sains siswa merupakan keterampilan yang harus ditekankan pada saat proses pembelajaran IPA, sehingga dengan menekankan keterampilan proses sains maka pada saat pembelajaran siswa akan menemukan berbagai prinip, fakta, konsep, teori-teori, serta siswa dapat menerapkan dan memiliki sikap ilmiah. Fakta di Lapangan menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru kurang memberikan ruang untuk melatih keterampilan proses sains peserta didik. Rendahnya keterampilan proses sains siswa disebabkan karena pada saat pembelajaran siswa tidak berinisiatif dalam belajar, siswa hanya menunggu perintah dari guru, dan kurang variasi model pembelajaran yang di gunakan. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan model pembelajaran yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan STEM pada pembelajaran IPA materi kalor dan perpindahannya terhadap keterampilan proses sains siswa. Diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Science Technology Engineering and Mathematic (STEM) diharapkan dapat berpengaruh signifikan terhadap keterapilan proses sains siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian eksperimen quasi dengan jenis rancangan nonequivalent control group. Untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa diperoleh data dari tes yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu Pre-test dan Post-test. Setelah data dikumpulkan maka dapat membuat analisis data dengan bantuan software SPSS, yang pertama yatu dilakukan uji normalitas untuk mengetahui data terdistribusi normal atau tidak, kemudian dilakukan uji Independet Sample t-test untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Science Technology Engineering and Mathematic (STEM) terhadap keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil analisis data Independent Sample t-test menunjukkan 0.00 hasil tersebut lebih kecil dari 0.05 sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Science Technology Engineering and Mathematic (STEM) berpengaruh signifika terhadap keterampilan proses sains siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Pramudya Dwi. Aristya. Putra, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Dosen Pembimbing Anggota : Nur Ahmad, S.Pd., M.Pfis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGen_US
dc.subjectSCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC (STEM)en_US
dc.subjectKETERAMPILAN PROSES SAINS SISWAen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Science Technology Engineering and Mathematic (STEM) pada Pemelajaran IPA Materi Klaor dan Perpindahannya terhadap Keterampilan Proses Sains Siswaen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record