Show simple item record

dc.contributor.authorNISA’, Asifa Khoirun
dc.date.accessioned2022-07-12T04:54:53Z
dc.date.available2022-07-12T04:54:53Z
dc.date.issued2022-04-05
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108346
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tanggal 12 Juli 2022en_US
dc.description.abstractPembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang memberikan pengalaman secara langsung kepada peserta didik, sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritisnya. Melalui keterampilan berpikir kritis, peserta didik dapat menemukan solusi alternatif terkait masalahnya. Keterampilan berpikir kritis siswa di jenjang SMP masih tergolong rendah. Penyebab rendahnya keterampilan berpikir kritis dikarenakan kurang adanya interaksi antara peserta didik dengan bahan ajar yang menyebabkan peserta didik menjadi cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Suatu upaya yang dapat digunakan dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan e-modul berbasis SETS (Science, Enginering, Technology, and Society). Proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan e-modul berbasis SETS (Science, Enginering, Technology, and Society) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dikarenakan peserta didik mengidentifikasi, menemukan, mengumpulkan, menyusun, menganalisis, mengevaluasi serta menyimpulkan informasi dengan caranya sendiri. E-modul berbasis SETS (Science, Enginering, Technology, and Society) juga membantu peserta didik dalam mempelajari materi yang bersifat abstrak seperti materi zat aditif dan adiktif dalam pembelajaran IPA SMP kelas VIII semester ganjil. Berdasarkan uraian diatas, untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP diperlukan pengembangan e-modul berbasis SETS (Science, Enginering, Technology, and Society) pada pembelajaran IPA zat aditif dan adiktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari pengembangan e-modul berbasis SETS (Science, Enginering, Technology, and Society) pada pembelajaran IPA zat aditif dan adiktif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan model 4D yang tahapannya terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (desiminate). Hasil dari validitas e-modul berbasis SETS (Science, Enginering, Technology, and Society) pada pembelajaran IPA zat aditif dan adiktif dengan menggunakan instrumen lembar validasi mencapai presentase rata-rata dari ketiga aspek sebesar 79% yang artinya kesesuaian antara produk yang dihasilkan dengan kriteria pembuatan e-modul sudah tepat dan benar. Hasil dari kepraktisan e-modul berbasis SETS (Science, Enginering, Technology, and Society) pada pembelajaran IPA zat aditif dan adiktif dengan menggunakan instrumen lembar obervasi keterlaksanaan mencapai rata-rata 3,64 dengan kategori sangsat terlaksana dengan jelas. Artinya produk yang dikembangkan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran sesuai dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Hasil dari efektivitas e-modul berbasis SETS (Science, Enginering, Technology, and Society) pada pembelajaran IPA zat aditif dan adiktif dengan menggunakan N-gain pada pre-test dan post-test yaitu 0,81 dengan kategori tinggi, artinya setelah menggunakan produk yang dikembangkan, peserta didik mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis. Efektivitas produk yang dikembangkan juga ditentukan dari angket respon siswa yang terdiri dari ketertarikan, materi, dan bahasa mencapai 89% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan dari data hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis SETS (Science, Enginering, Technology, and Society) pada pembelajaran IPA zat aditif dan adiktif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP menunjukkan hasil dengan kategori yang valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian produk yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Diah Wahyuni, S.Pd., M.Sc.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPENGEMBANGAN E-MODULen_US
dc.subjectSETS (SCIENCE, ENVIROMENTAL, TECHNOLOGY, AND SOCIETY)en_US
dc.subjectMATERI ZAT ADITIFen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERPIKIR KRITISen_US
dc.titlePengembangan E-Modul IPA Berbasis SETS (Science, Enviromental, Technology, and Society) pada Materi Zat Aditif dan Adiktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record