Show simple item record

dc.contributor.authorPANGESTIKA, Brigita Wanda
dc.date.accessioned2022-06-28T06:25:11Z
dc.date.available2022-06-28T06:25:11Z
dc.date.issued2022-04-10
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108114
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 28 Juni 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractMatematika merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak bisa ditinggalkan di sekolah dasar, sekolah menengah, hingga perguruan tinggi. Salah satu materi wajib matematika yang terdapat pada semua jenjang pendidikan adalah materi geometri. Rendahnya keterampilan geometri siswa dipicu oleh kurangnya pengetahuan siswa akan konsep dasar geometri. Matematika pun memiliki hubungan yang cukup erat dengan budaya. Hal tersebut yang mendasari banyak pemikiran tentang kebutuhan budaya yang menyatu dalam setiap kehidupan yang bersinggungan dengan matematika. Hubungan matematika dan budaya menimbulkan permasalahan pembelajaran matematika dalam menemukan bagaimana cara melibatkan matematika dalam kebudayaan sekitar. Geometri merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang bersifat abstrak. Siswa dengan kemampuan mengabstraksi rendah akan kurang tertarik dan mengalami kesulitan dalam memahami konsep geometri dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu adanya analisis keterampilan geometri siswa secara mendetail dalam menyelesaikan masalah geometri yang berorientasi pada permasalahan budaya agar guru dapat mengetahui keterampilan geometri siswa. Pembelajaran dengan mengaitkan matematika dan budaya dapat menjadikan belajar lebih efektif dalam memecahkan permasalahan matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan geometri siswa dalam menyelesaikan masalah transformasi geometri pada Pura Luhur Giri Salaka di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode tes, dan metode wawancara. Pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2021 dan 10 Desember 2021. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode random sampling dan terpilih kelas XI MIPA 4 sebagai subjek penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua. Instrumen yang pertama adalah instrumen utama yakni peneliti itu sendiri. Instrumen yang kedua adalah instrumen pendukung yakni soal tes dan pedoman wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan telah divalidasi oleh tiga validator. Hasil validasi soal tes dan pedoman wawancara berturut-turut adalah 3,51 dan 3,50 yang berarti instrumen tersebut valid. Setelah dilakukan analisis data didapati hasil keterampilan geometri siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Purwoharjo pada soal tes yang dikaitkan dengan etnomatematika Pura Luhur Giri Salaka memenuhi keterampilan visual, verbal, logika dan terapan. Soal tes nomor 1, 3 dan 4 siswa memenuhi indikator keterampilan visual, logika dan terapan. Soal tes nomor 2 siswa memenuhi indikator visual, menggambar, logika, terapan. Keterampilan menggambar pada soal nomor 2 dapat dikuasai oleh kebanyakan siswa karena terdapat perintah untuk menggambarkan pada bidang koordinat kartesius yang disediakan. Kemampuan menggambar yang paling dikuasi siswa adalah menggambarkan titik-titik pada bidang koordinat kartesius yang memiliki kaitan dengan konsep transformasi geometri pada Pura Luhur Giri Salaka. Indikator keterampilan verbal mampu dipenuhi siswa pada sesi wawancara berlangsung. Kecenderungan siswa menyebutkan bahwa mereka merasa kesulitan dalam menuliskan dan menjabarkan jawaban soal tes. Kesimpulan penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwoharjo hanya memenuhi tiga keterampilan geometri yakni, keterampilan visual, logika dan terapan. Keterampilan menggambar hanya dipenuhi pada soal yang memiliki perintah untuk menemukan dan mensketsakan objek geometri pada gambar yang disediakan. Keterampilan verbal pun hanya dipenuhi siswa pada sesi wawancara. Siswa yang memiliki keterampilan logika mudah untuk menerapkan konsep transformasi geometri terhadap suatu objek asli. Siswa pun mampu memenuhi indikator keterampilan terapan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 : Dr. Susanto, M.Pd Dosen Pembimbing 2 : Lela Nur Safrida, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKeterampilan Geometrien_US
dc.subjectTaman Nasional Alas Purwoen_US
dc.subjectEtnomatematikaen_US
dc.titleAnalisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Transformasi Geometri yang Berkaitan dengan Etnomatematika di Taman Nasional Alas Purwoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record