Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, Arysma Dwi Nur Mega
dc.date.accessioned2022-06-28T03:05:03Z
dc.date.available2022-06-28T03:05:03Z
dc.date.issued2021-09-03
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108037
dc.description.abstractPembelajaran daring merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi penyebaran covid-19, di mana pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet dan menggunakan perangkat teknologi seperti Hp (handphone), komputer, tablet, laptop, dan lain sebagainya. Observasi dan wawancara yang telah dilakukan kepada kepala sekolah dan guru-guru di SDN 07 Karangsari, dan didapatkan permasalahan bahwasannya sulit untuk menanamkan nilai pendidikan karakter. Hal tersebut dikarenakan guru tidak dapat melihat secara langsung aktivitas yang dilakukan peserta didik. Guru sulit untuk mengetahui secara pasti perkembangan karakter peserta didik selama pembelajaran daring ini berlangsung. Wali kelas VI menjelaskan peserta didik kelas VI dalam masa-masa peralihan di mana butuh usaha lebih dalam menanamkan nilai pendidikan karakter, sehingga penelitian ini dapat digunakan sebagai tolok ukur keberhasilan penanaman nilai pendidikan karakter pada peserta didik kelas VI. Berdasarkan uraian tersebut, maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas-aktivitas belajar apa sajakah yang mencerminkan nilai-nilai karakter, mengetahui hasil analisis aktivitas belajar yang mencerminkan nilai-nilai karakter, dan mengetahui persentase nilai-nilai karakter yang tercermin pada aktivitas belajar selama pembelajaran daring pada peserta didik kelas VI SDN 07 Karangsari Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode penelitian yang bersifat deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah wali kelas dan peserta didik kelas VI SDN 07 Karangsari yang berjumlah 15 peserta didik. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan pada aktivitas belajar peserta didik kelas VI SDN 07 Karangsari selama pembelajaran daring, penanaman nilai-nilai karakter sudah baik. Kategori baik dalam kisaran 60,01% sampai 80%. Penelitian ini menunjukkan pada rata-rata persentase keseluruhan sebesar 77,86% , sehingga termasuk ke dalam kriteria baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah semua aktivitas belajar yang dilakukan peserta didik kelas VI SDN 07 Karangsari selama pembelajaran daring mengandung nilai karakter tetapi frekuensi nilai karakter tidak merata. Hasil analisis yang ditemukan yaitu nilai religius dengan banyaknya subnilai beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa 3, toleransi 1, cinta damai 1, teguh pendirian 1, ketulusan 1, percaya diri 1, anti perundungan dan kekerasan 1, dan mencintai lingkungan 1. Nilai nasionalis dengan banyaknya subnilai taat hukum 2, disiplin 2, cinta tanah air 1, rela berkorban 2, unggul berprestasi 2, dan menjaga kekayaan budaya bangsa 1. Nilai mandiri dengan banyaknya subnilai etos kerja (kerja keras) 1, daya juang 3, tangguh tahan banting 3, profesional 1, keberanian 1, dan menjadi pembelajar sepanjang hayat 1. Nilai gotong royong dengan banyaknya subnilai menghargai 2, kerjasama 1, empati 2, tolong menolong 3, anti diskriminasi 1, dan anti kekerasan 1. Nilai integritas dengan banyaknya subnilai kejujuran 3, keteladanan 1, kesetiaan 3, menghargai martabat individu 1, komitmen moral 1, dan tanggung jawab 1. Persentase ketercapaian nilai religius sebesar 74% termasuk dalam kategori baik, nilai nasionalis sebesar 84% termasuk ke dalam kategori sangat baik, nilai mandiri sebesar 73,33% termasuk ke dalam kategori baik, nilai gotong royong sebesar 78% termasuk ke dalam kategori baik, dan nilai integritas sebesar 80% termasuk ke dalam kategori baik. Rata-rata persentase ketercapaian keseluruhan sebesar 77,86% dan termasuk kategori baik. Saran bagi peneliti dan kepala sekolah penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan dalam memilih dan memperbaiki strategi pembelajaran yang tepat sebagai upaya menanamkan nilai-nilai karakter, bagi guru diharapkan dapat dijadikan tolok ukur keberhasilan terkait penanaman nilai-nilai karakter dan memperbaiki nilai-nilai karakter yang belum dapat terealisasikan secara baik, dan bagi penelitian lain diharapkan digunakan sebagai referensi dalam melakukan analisis nilai-nilai karakter pada aktivitas peserta didik lain sehingga upaya penanaman dan pengembangan nilai-nilai karakter kedepannya dapat lebih baik.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 : Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Yuni Fitriyah Ningsih, S.Pd, M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN DARINGen_US
dc.subjectAKTIVITAS BELAJARen_US
dc.subjectNILAI-NILAI KARAKTERen_US
dc.titleAktivitas Belajar Peserta Didik Kelas VI yang Mencerminkan Nilai-Nilai Karakter Selama Pembelajaran Daring di SDN 07 Karangsari Banyuwangien_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record