• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Pengaruh Beban Overhead Crane dengan Variasi Bracing Terhadap Struktur Area Turbin Hall di PLTU SulSel Barru – 2”

    Thumbnail
    View/Open
    ALVIN YANSATRIO - 171910301078.pdf (5.291Mb)
    Date
    2021-07-21
    Author
    YANSATRIO, Alvin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada industri yang berskala besar peralatan dan material yang digunakan pada saat bekerja relatif berat dan berukuran besar, dengan penggunaan pesawat angkat seperti Crane diharapkan untuk mempermudah proses pengerjaan seperti mengangkat suatu material maupun memindahkan mesin dan benda berat lainya. Overhead crane adalah salah satu alat yang banyak digunakan diarea bangunan turbin hall di Pembangkit Listrik Tenaga Uap SulSel Barru – 2. Bangunan turbin hall dengan beban overhead crane yang besar diperlukan struktur yang kuat untuk menahan. Struktur yang tidak stabil apabila menerima beban maka struktur tersebut mengalami perubahan bentuk yang lebih besar dibandingkan struktur yang stabil. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar struktur menjadi lebih stabil adalah mengkombinasikan struktur dengan bracing. Dalam penelitian menganalisa beban overhead crane dengan pengaku bracing X, bracing inverted V dan tanpa bracing. Dalam penelitian ini menggunakan beban bangunan, beban overhead crane dan beban gravitasi. Pemodelan dengan menempatkan posisi overhead menjadi 3 bagian, yaitu posisi A, posisi B dan posisi C. Selanjutnya memodelkan struktur pengaku pada bangunan dengan bracing inverted V, bracing X dan tanpa bracing. Dari hasil analisis struktur yang ditinjau dari gaya – gaya dalam dan simpangan antar lantai memenuhi batas kontrol. Pada perilaku struktur hasil pemodelan posisi beban, gaya aksial terbesar kolom pada pemodelan beban posisi A terjadi pada kolom D lantai 1 sebesar 2404303 N, pada pemodelan beban posisi B gaya aksial terbesar kolom terjadi pada kolom F lantai 1 sebesar 2387208 N dan pada pemodelan beban posisi C gaya aksial terbesar kolom terjadi pada kolom G lantai 1 sebesar 1704201 N. Pemodelan beban posisi A mengalami gaya aksial viii paling besar dari pemodelan beban posisi B dan posisi C. Nilai simpangan dari pemodelan beban posisi A, posisi B, posisi C perbedaan tidak jauh signifikan, nilai pemodelan beban posisi A sebesar 2,93 mm lebih besar dari nilai pemodelan beban posisi B sebesar 2,91 mm dan nilai pemodelan beban posisi C sebesar 2,91 mm. Beban posisi A digunakan acuan sebagai pemodelan struktur bracing. Kemudian dengan membandingkan bracing tipe X, inverted V, dan tanpa bracing, disimpulkan bahwa bracing tipe X memiliki kinerja struktur paling baik bila dibandingkan dengan bresing tipe lainnya. Nilai simpangan pada bracing inverted V sebesar 2,93 mm dengan panjang bracing 518 m dan tonase 54,26 ton, sedangkan simpangan pada bracing X sebesar 2,56 dengan panjang bracing 773,2 m dan tonase 81,1 ton.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108008
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository