Show simple item record

dc.contributor.authorRIZQI, Muchamad
dc.date.accessioned2022-06-28T01:25:30Z
dc.date.available2022-06-28T01:25:30Z
dc.date.issued2021-12-12
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107898
dc.description.abstractMarkas Coffee merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang kuliner minuman yang bertempat di Lumajang, tepatnya di Dusun Krajan, Tegalrandu, Jawa Timur. Markas Coffee menyajikan minuman kopi panas ataupun dingin dengan berbagai macam kopi seperti kopi jenis arabica, robusta, dan excelsa. Permasalahan yang terjadi pada Markas Coffee adalah kegiatan bisnis yang masih dilakukan dengan metode manual, seperti pencatatan informasi penjualan serta informasi pemesanan yang masih dilakukan dengan menggunakan buku. Perihal ini pastinya menimbulkan tidak efektifnya pengelolaan informasi penjualan serta pemesanan sebab menghabiskan banyak waktu serta dapat menyebabkan buku tersebut hilang. Selain itu, dalam menentukan penjualan pada periode berikutnya markas coffee hanya mengacu pada data penjualan periode sebelumnya sehingga mengakibatkan owner sering kali mengalami kekurangan maupun kelebihan dalam menyetok kopi-kopi yang dijual dikarenakan penjualan yang tidak menentu. Maka peramalan dalam penjualan sangatlah diperlukan. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diperoleh dari markas coffe pada bulan September - Desember 2020 bahwa data penjualan markas coffee memiliki pola data horizontal, dimana pola data ini dapat di implementasikan dengan menggunakan metode Weighted Moving Average (WMA). Dimana metode ini diimplementasikan dengan sebuah sistem yang berbasis website yang nantinya diharapkan dapat memprediksi penjualan pada periode selanjutnya sehingga dapat meminimalisir terjadinya kekurangan maupun kelebihan dalam membeli stok bahan baku agar manajemen persediaan menjadi lebih efisien. Pada penelitian ini ke-3 jenis kopi menghasilkan nilai MAPE yang masih dibawah angka 20% yang berarti hasil peramalan dapat dikategorikan baik. Selain itu pada sistem peramalan penjualan Markas Coffee ini terdapat 2 user yaitu pemilik dan kasiren_US
dc.description.sponsorshipDrs. Antonius Cahya P, Mpp., Sc., Ph.D ; Dosen Pembimbing Nova El Maidah, S.Si., M.Csen_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectPeramalanen_US
dc.subjectPenjualanen_US
dc.subjectCoffeeen_US
dc.subjectWeighted Moving Averageen_US
dc.titleSistem Peramalan Penjualan Markas Coffee Menggunakan Metode Weighted Moving Average (Studi Kasus: Markas Coffee)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record