Show simple item record

dc.contributor.authorIHSAN, Muhammad Imaduddin
dc.date.accessioned2022-06-28T01:25:18Z
dc.date.available2022-06-28T01:25:18Z
dc.date.issued2022-01-03
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107896
dc.description.abstractPendidikan memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kualitas kepribadian dalam aspek intelektualitas maupun moralitas. Pandemi covid-19 berpengaruh terhadap segala aktivitas manusia, salah satunya di bidang pendidikan. Dengan adanya stigma yang beredar, sistem pembelajaram yang mulanya dilakukan secara tatap muka berganti menjadi pembelajaran dari rumah. Keunggulan dalam pembelajaran daring dapat dikatakan cukup banyak, akan tetapi tidak bisa terlepas dari suatu kendala terutama untuk beberapa daerah tertentu, karena kesulitan dalam menjangkau jaringan. Permasalahan yang muncul dalam pembelajaran daring, adalah banyak perubahan yang tejadi secara signifikan terutama kendala pemahaman siswa terhadap materi dan juga siswa harus menguasai semua mata pelajaran yang ada disekolah sesuai dengan jurusan. Berdasarkan kondisi tersebut, peramalan bisa dijadikan alat yang efektif dalam membantu memprediksi perkembangan belajar siswa daring pada bulan atau periode mendatang. Dalam penelitian ini, sistem peramalan yang akan dirancang memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi hasilnya. Dalam penelitian ini, metode Fuzzy Time Series merupakan metode yang tepat, karena tidak membutuhkan asumsi-asumsi sebagaimana peramalan dengan menggunakan metode peramalan klasik. Dari hasil analisa sistem yang dibangun, sistem peramalan perkembangan belajar siswa menggunakan metode Fuzzy Time Series dapat bekerja dengan baik, yaitu dengan menampilkan nilai aktual dan hasil metode Fuzzy Time Series (menentukan interval, fuzzifikasi, FLR, FLRG dan defuzzifikasi), pada saat melakukan peramalan menggunakan data siswa SMKN 3 Boyolangu Tulungagung kelas X jurusan TPM dengan sampel 55 siswa, didapatkan tingkatan MAPE sebesar 0,404%, dan sistem dinyatakan akurat dalam melakukan peramalan karena memiliki tingkat kesalahan kurang dari 1%.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., ph.D ; Dosen Pembimbing Qurrota A'yuni Ar Ruhimat S.Pd., M.Scen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectPERKEMBANGAN BELAJARen_US
dc.subjectDARINGen_US
dc.subjectFUZZY TIME SERIESen_US
dc.titleSistem Peramalan Perkembangan Belajar Siswa Secara Daring dengan Metode Fuzzy Time Seriesen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record