Sistem Peramalan Perkembangan Belajar Siswa Secara Daring dengan Metode Fuzzy Time Series
Abstract
Pendidikan memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kualitas 
kepribadian dalam aspek intelektualitas maupun moralitas. Pandemi covid-19
berpengaruh terhadap segala aktivitas manusia, salah satunya di bidang pendidikan. 
Dengan adanya stigma yang beredar, sistem pembelajaram yang mulanya dilakukan 
secara tatap muka berganti menjadi pembelajaran dari rumah. Keunggulan dalam 
pembelajaran daring dapat dikatakan cukup banyak, akan tetapi tidak bisa terlepas 
dari suatu kendala terutama untuk beberapa daerah tertentu, karena kesulitan dalam 
menjangkau jaringan. Permasalahan yang muncul dalam pembelajaran daring, 
adalah banyak perubahan yang tejadi secara signifikan terutama kendala 
pemahaman siswa terhadap materi dan juga siswa harus menguasai semua mata 
pelajaran yang ada disekolah sesuai dengan jurusan. Berdasarkan kondisi tersebut, 
peramalan bisa dijadikan alat yang efektif dalam membantu memprediksi
perkembangan belajar siswa daring pada bulan atau periode mendatang. Dalam 
penelitian ini, sistem peramalan yang akan dirancang memiliki beberapa faktor yang 
mempengaruhi hasilnya. Dalam penelitian ini, metode Fuzzy Time Series
merupakan metode yang tepat, karena tidak membutuhkan asumsi-asumsi 
sebagaimana peramalan dengan menggunakan metode peramalan klasik. Dari hasil 
analisa sistem yang dibangun, sistem peramalan perkembangan belajar siswa 
menggunakan metode Fuzzy Time Series dapat bekerja dengan baik, yaitu dengan 
menampilkan nilai aktual dan hasil metode Fuzzy Time Series (menentukan interval, 
fuzzifikasi, FLR, FLRG dan defuzzifikasi), pada saat melakukan peramalan 
menggunakan data siswa SMKN 3 Boyolangu Tulungagung kelas X jurusan TPM 
dengan sampel 55 siswa, didapatkan tingkatan MAPE sebesar 0,404%, dan sistem 
dinyatakan akurat dalam melakukan peramalan karena memiliki tingkat kesalahan 
kurang dari 1%.