• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Sistem Peramalan Perkembangan Belajar Siswa Secara Daring dengan Metode Fuzzy Time Series

    Thumbnail
    View/Open
    172410101054.pdf (4.410Mb)
    Date
    2022-01-03
    Author
    IHSAN, Muhammad Imaduddin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kualitas kepribadian dalam aspek intelektualitas maupun moralitas. Pandemi covid-19 berpengaruh terhadap segala aktivitas manusia, salah satunya di bidang pendidikan. Dengan adanya stigma yang beredar, sistem pembelajaram yang mulanya dilakukan secara tatap muka berganti menjadi pembelajaran dari rumah. Keunggulan dalam pembelajaran daring dapat dikatakan cukup banyak, akan tetapi tidak bisa terlepas dari suatu kendala terutama untuk beberapa daerah tertentu, karena kesulitan dalam menjangkau jaringan. Permasalahan yang muncul dalam pembelajaran daring, adalah banyak perubahan yang tejadi secara signifikan terutama kendala pemahaman siswa terhadap materi dan juga siswa harus menguasai semua mata pelajaran yang ada disekolah sesuai dengan jurusan. Berdasarkan kondisi tersebut, peramalan bisa dijadikan alat yang efektif dalam membantu memprediksi perkembangan belajar siswa daring pada bulan atau periode mendatang. Dalam penelitian ini, sistem peramalan yang akan dirancang memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi hasilnya. Dalam penelitian ini, metode Fuzzy Time Series merupakan metode yang tepat, karena tidak membutuhkan asumsi-asumsi sebagaimana peramalan dengan menggunakan metode peramalan klasik. Dari hasil analisa sistem yang dibangun, sistem peramalan perkembangan belajar siswa menggunakan metode Fuzzy Time Series dapat bekerja dengan baik, yaitu dengan menampilkan nilai aktual dan hasil metode Fuzzy Time Series (menentukan interval, fuzzifikasi, FLR, FLRG dan defuzzifikasi), pada saat melakukan peramalan menggunakan data siswa SMKN 3 Boyolangu Tulungagung kelas X jurusan TPM dengan sampel 55 siswa, didapatkan tingkatan MAPE sebesar 0,404%, dan sistem dinyatakan akurat dalam melakukan peramalan karena memiliki tingkat kesalahan kurang dari 1%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107896
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1051]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository