Sistem Peramalan Perkembangan Belajar Siswa Secara Daring dengan Metode Fuzzy Time Series
Abstract
Pendidikan memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kualitas
kepribadian dalam aspek intelektualitas maupun moralitas. Pandemi covid-19
berpengaruh terhadap segala aktivitas manusia, salah satunya di bidang pendidikan.
Dengan adanya stigma yang beredar, sistem pembelajaram yang mulanya dilakukan
secara tatap muka berganti menjadi pembelajaran dari rumah. Keunggulan dalam
pembelajaran daring dapat dikatakan cukup banyak, akan tetapi tidak bisa terlepas
dari suatu kendala terutama untuk beberapa daerah tertentu, karena kesulitan dalam
menjangkau jaringan. Permasalahan yang muncul dalam pembelajaran daring,
adalah banyak perubahan yang tejadi secara signifikan terutama kendala
pemahaman siswa terhadap materi dan juga siswa harus menguasai semua mata
pelajaran yang ada disekolah sesuai dengan jurusan. Berdasarkan kondisi tersebut,
peramalan bisa dijadikan alat yang efektif dalam membantu memprediksi
perkembangan belajar siswa daring pada bulan atau periode mendatang. Dalam
penelitian ini, sistem peramalan yang akan dirancang memiliki beberapa faktor yang
mempengaruhi hasilnya. Dalam penelitian ini, metode Fuzzy Time Series
merupakan metode yang tepat, karena tidak membutuhkan asumsi-asumsi
sebagaimana peramalan dengan menggunakan metode peramalan klasik. Dari hasil
analisa sistem yang dibangun, sistem peramalan perkembangan belajar siswa
menggunakan metode Fuzzy Time Series dapat bekerja dengan baik, yaitu dengan
menampilkan nilai aktual dan hasil metode Fuzzy Time Series (menentukan interval,
fuzzifikasi, FLR, FLRG dan defuzzifikasi), pada saat melakukan peramalan
menggunakan data siswa SMKN 3 Boyolangu Tulungagung kelas X jurusan TPM
dengan sampel 55 siswa, didapatkan tingkatan MAPE sebesar 0,404%, dan sistem
dinyatakan akurat dalam melakukan peramalan karena memiliki tingkat kesalahan
kurang dari 1%.