Pengaruh Customer Meal Experience Model (CMEM) Terhadap Kepuasan Konsumen di Restoran X.O Suki Lippo Plaza Jember
Abstract
Restoran X.O Suki Lippo Plaza Jember merupakan restoran chinese yang 
menyajikan empat macam konsep menu chinese food. Pelayanan konsumen sangat 
penting dalam sebuah restoran, dimana restoran dituntut untuk mampu memberikan 
pengalaman makan yang baik. Kualitas pelayanan dalam sebuah restoran harus 
selalu ditingkatkan agar konsumen puas. Restoran harus memperhatikan kepuasan 
konsumen dari layanan yang diberikan agar pendapatan dan jumlah konsumen 
restoran meningkat, karena pelayanan restoran merupakan kunci utama dalam 
interaksi dengan konsumen. Untuk memberikan kepuasan kepada konsumen, 
diperlukan kualitas pelayanan yang mampu memberikan pengalaman makan yang 
baik. Pengalaman makan yang baik dalam hal ini product, restaurant interior, 
personal social meeting, company, dan restaurant atmosphere mampu memberikan 
kepuasan kepada konsumen sehingga pendapatan dan jumlah konsumen restoran 
meningkat. Konsumen yang datang menikmati makanan dan minuman di restoran 
X.O Suki Lippo Plaza Jember tak jarang memiliki ekspektasi atau harapan tinggi 
terhadap restoran, sehingga setelah menikmati makan dan minum di restoran 
konsumen memiliki pengalaman makan yang kurang dari ekspektasi atau harapan 
dan berakibat konsumen tidak puas. Lingkungan restoran harus diperhatikan oleh 
manajemen restoran untuk dapat memberikan kepuasan kepada konsumen restoran. 
Lingkungan restoran yang baik dalam hal ini restaurant interior dan restaurant 
atmosphere apabila lingkungan restoran tersebut aman, nyaman, bersih, dan 
menyenangkan bagi konsumen, sehingga dapat memberikan pengalaman positif 
dan mampu memberikan kepuasan yang maksimal.
Penelitian ini dilakukan dengan responden yakni konsumen restoran X.O 
Suki Lippo Plaza Jember, dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan 
sampel. Purposive sampling yaitu penentuan pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun pertimbangan pengambilan sampel dalam 
penelitian ini adalah konsumen yang pernah menikmati makanan dan minuman 
restoran X.O Suki Lippo Plaza Jember. Data yang digunakan dalam penelitian ini 
adalah data primer dan data sekunder. Sumber data primer yang digunakan dalam 
penelitian ini melalui kuesioner sedangkan sumber data sekunder yang digunakan 
dalam penelitian ini melalui studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan 
adalah analisis regresi linier berganda dengan SPSS.
Hasil menunjukkan bahwa : 1) Product berpengaruh positif dan signifikan terhadap 
kepuasan konsumen restoran X.O Suki Lippo Plaza Jember; 2) Restaurant interior 
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen restoran X.O Suki 
Lippo Plaza Jember; 3) Personal social meeting berpengaruh positif dan signifikan 
terhadap kepuasan konsumen restoran X.O Suki Lippo Plaza Jember; 4) Company 
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen restoran X.O Suki 
Lippo Plaza Jember; dan 5) Restaurant atmosphere tidak berpengaruh terhadap 
kepuasan konsumen restoran X.O Suki Lippo Plaza Jember.
