Analisis Pendidikan Komunal Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4- 5 Tahun di KB Al-Barokah 1 Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Pendidikan dalam UU SISDIKNAS NO.20 tahun 2003, merupakan suatu
usaha sadar dan terencana demi mewujudkan suasan kegiatan belajar dan
mengajar agar peserta didik dapat aktif mengembangkan potensi yang ada pada
dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, penegendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, Akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya
dan masyarakat. Pendidikan anak usia dini yang memperioritaskan pada
pertumbuhan dan aspek-aspek perkembangan anak, Anak usia dini seharusnya
memperoleh bimbingan khusus dimana semua pihak pendidik ikut serta dan saling
bekerjasama demi mewujudkan potensi sehingga pertembuhan dan perkembangan
anak dapat berkembang secara optimal, Anak usia dini merupakan amanah yang
seharusnya di jaga, dibimbing, dibina dan distimulasi supaya aspek-aspek
perkembangan anak dapat berkembang secara optimal, orangtua memiliki
tanggung jawab besar terhadap tumbuh kembang anak ,oleh karena itu
seharusnya sebagai orangtua memiliki pemahaman tentang tumbuh kembang
anak. Maka dalam kerjasama antara pihak pendidik merupakan sesuatu yang dapat
menciptakan sinergi yang baik, Menurut Satria (2019;3) Komunal di artikan
sebagai interaksi sosial yang menciptakan kegiatan kerjasama demi mewujudkan
kepentingan serta keinginan bersama dan tujuan yang sama.
Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah Pendidikan Komunal terhadap perkembangan kognitif anak usia
4-5 tahun di KB Al Barokah 1 Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso tahun
ajaran 2020/2021? Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pendidikan
Komunal terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di KB Al Barokah
1 Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso tahun ajaran 2020/2021.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang
dilakukan di KB Al Barokah 1 Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso
selama 45 Hari, Sumber data yang diperoleh dari informan yaitu Pengelola KB
Al Barokah 1, Guru Kelompok usia 4-5 tahun dan Orangtua walimurid kelompok
usia 4-5 tahun di KB Al Barokah 1 Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso,
Metode Pengumpulan data dilakukan melalui Mmetode observasi, wawancara dan
catatan lapangan serta dokumentasi, Adapun Teknik analisisi data dilakukan
melalui empat tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Bedasarkan hasil penelitian di KB Al Barokah 1 tentang analisis
pendidikan komunal terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di KB
Al Barokah 1 kecamatan tamanan kabupaten bondowoso tahun ajaran 2020/2021
melibatkan peran keluarga dalam mendampingi anak belajar di rumah, ketika
sedang belajar orangtua saling bekerjasama dalam memahami RPPH yang
diberikan oleh Guru KB Al Barokah 1 dan menerapkannya di rumah dengan
menggunakan media dan bahan belajar yang ada di rumah, dalam menstimulasi
kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun guru dan orangtua saling bekerjasama
untuk menstimulasi dengan selalu mendampingi anak baik dalam kegiatan belajar
di sekolah dan dilanjudkan oleh orang tua di rumah sehingga kerjasama yang
dilakukan ini bertujuan untuk terus mengasah kemampuan kognitif anak dengan
media dan bahan belajar yang mudah di peroleh di rumah, baik itu mengenal
simbol, bentuk, warna, ukuran benda, serta menyelesaikan tugas LKA dan Life
skill sebagai pemecahan masalah dan Berpiki logis untuk mengembangkan aspek
kognitif anak.