• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesalahan Berbahasa Taksonomi Kategori Linguistik Pada Teks Bacaan Siswa Dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas X

    Thumbnail
    View/Open
    170210402087.pdf (1.880Mb)
    Date
    2021-08-27
    Author
    HALIM, Befi Firdina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Buku Bahasa Indonesia Kelas X Edisi 2017 menjadi sumber dan acuan siswa dalam belajar bahasa Indonesia di sekolah. Sebagai sumber belajar siswa, bahasa pengantar yang digunakan di dalam buku teks tersebut harus mencerminkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Akan tetapi, berdasarkan penelitian, buku teks tersebut belum memenuhi standar kebakuan bahasa Indonesia, karena di dalam teks bacaan siswa ditemukan penggunaan ejaan, kata, frasa, klausa, kalimat, dan paragraf yang menyimpang dari PUEBI dan KBBI. Akibatnya, informasi yang dipaparkan di dalam buku teks tersebut tidak jelas atau tidak lengkap. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa tataran fonologis, morfologis, sintaktis, semantis, dan wacana, pada teks bacaan siswa dalam buku Bahasa Indonesia Kelas X Edisi 2017. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ialah teks laporan hasil observasi, teks eksposisi, teks debat, dan teks biografi dalam buku Bahasa Indonesia Kelas X Edisi 2017. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, kalimat, dan paragraf yang mengindikasikan kesalahan berbahasa taksonomi kategori linguistik. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode fenomenologis. Instrumen yang digunakan yakni peneliti, instrumen pengumpul data, dan instrumen analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa taksonomi kategori linguistik yang ditemukan di dalam teks bacaan siswa dalam buku Bahasa Indonesia Kelas X Edisi 2017 meliputi: 1) kesalahan fonologis yaitu kesalahan penulisan kata dasar, kesalahan penggunaan huruf kapital, kesalahan penggunaan tanda baca, kesalahan penulisan prefiks, dan kesalahan penulisan preposisi; 2) kesalahan morfologis yaitu kesalahan peluluhan fonem, kesalahan pelesapan afiks, dan kesalahan pemilihan morf; 3) kesalahan sintaktis yaitu kesalahan dalam unsur frasa, klausa, dan kalimat; 4) kesalahan semantis yaitu hiperkorek, pleonasme, dan kesalahan diksi; serta 5) kesalahan wacana yaitu kalimat sumbang, kesalahan elipsis, kesalahan substitusi, dan kesalahan referensi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107826
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15277]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository