Show simple item record

dc.contributor.authorFURQONIYAH, Qoriatul
dc.date.accessioned2022-06-27T16:39:16Z
dc.date.available2022-06-27T16:39:16Z
dc.date.issued2021-09-21
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107813
dc.description.abstractBerdasarkan hasil dari studi pendahuluan di SMAN 1 Cluring bahwa pembelajaran disana hanya menggunakan bahan ajar buku paket dari sekolah. Khususnya pada materi pemanasan global pembelajaran hanya dilaksanakna dengan metode ceramah sehingga siswa masih banyak mengalami miskonsepsi tentang materi pemanasan global. Hal ini dikarenakan fenomena pemanasan global tidak dapat diamati secara nyata. Jika pembelajaran pada materi pemanasan global dilaksanakan dengan melakukan contoh yang dapat diamati dengan nyata, maka siswa akan lebih mudah memahaminya. Oleh karena itu peneliti mengembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis STEM untuk menunjang pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan LKPD berbasis STEM dalam pembelajaran fisika Pemanasan Global di SMA; (2) Mendeskripsikan keefektifan LKPD (berbasis STEM dalam pembelajaran fisika Pemanasan Global di SMA; (3) Mendeskripsikan respon peserta didik dan guru terhadap LKPD berbasis STEM dalam pembelajaran fisika Pemanasan Global di SMA. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian pengembangan (development research) dengan menggunakan model Nieveen. Teknik pengambilan data yaitu validitas produk, tes, dan angket respon siswa. Hasil yang diperoleh adalah hasil validitas produk, hasil efektivitas, dan hasil respon siswa. Berdasarkan hasil validasi dari ahli dan pengguna terhadap LKPD berbasis STEM secara keseluruhan menghasilkan skor sebesar 3,564 dengan presentase kevalidannya adalah 89%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa LKPD layak digunakkan, sehingga LKPD dapat diimplementasikan ke sekolah atau ke tempat uji pengembangan. Berdasarkan hasil analisis uji efektivitas bahwa LKPD berbasis STEM yang dikembangkan dikatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Pada kelas uji terbatas presentase keefektifan sebesar 70% dan pada kelas uji luas memperoleh presentase keefektifan sebesar 72%. Skor tersebut berada pada kategori tinggi berdasarkan kriteria uji N-gain. Hasil analisis angket respon siswa menunjukkan bahwa LKPD berbasis STEM mendapatkan respon positif dari siswa dengan perolehan skor presentase sebesar 84% pada kelas uji terbatas dan pada kelas uji luas hasil presentasse sebesar 82%. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu (1) LKPD berbasis STEM dinyatakan sangat valid oleh validator ahli dan pengguna dengan presentase kevalidan sebesar 89%. Sehingga LKPD dapat diimplementasikan ke sekolah; (2) LKPD berbasis STEM dinyatakan sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan presentase 70% pada kelas uji terbatas dan 72% pada kelas uji luas. Skor tersebut berada pada rentang tinggi berdasarkan kriteria uji n-gain; (3) LKPD berbasis STEM mendapatkan respon positif dari siswa dengan perolehan skor presentase sebesar 84% pada kelas uji terbatas dan pada kelas uji luas hasil presentasse sebesar 82%.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Subiki, M. Kes ; Dosen Pembimbing Drs. Maryani, M. Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectLKPDen_US
dc.subjectLembar Kerja Peserta Didiken_US
dc.subjectScienceen_US
dc.subjectTechnologyen_US
dc.subjectEngineering, And Mathtematicsen_US
dc.titlePengembangan Lkpd (Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathtematics) Dalam Pembelajaran Fisika Pemanasan Global di Smaen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record