• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbandingan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Keliling Bangun Datar Dalam Pembelajaran Daring Antara Kelas Yang Menggunakan Whatsapp Media Video YOUTUBE Dengan Kelas Yang Menggunakan Google Meet Media Power Point pada Peserta Didik Kelas Iv Sdn Sebaung 1 Probolinggo

    Thumbnail
    View/Open
    Rela Ciptaning Alifiah - 170210204014.pdf (2.840Mb)
    Date
    2021-10-07
    Author
    ALIFIAH, Rela Ciptaning
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan selama masa pandemi yang dilaksanakan secara online mengharuskan pendidik dapat menggunakan media dan alat belajar yang berbasis online untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Google Meet dengan media Power Point dan Whatsapp dengan media Video Youtube digunakan sebagai alat bantu selama pembelajaran daring. Penggunaan Google Meet dengan media Power Point dan Whatsapp dengan media Video Youtube tersebut pendidik dapat maksimal dalam menyampaikan materi. Media dan alat yang digunakan selama pembelajaran daring memiliki pengaruh pada proses dan hasil belajar peserta didik tersebut. Pemanfaatan tekhnologi diharapkan dapat menjadi alternatif dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan yang dilakukan secara daring, karena dapat memudahkan proses pembelajaran yang tidak terbatas tempat dan waktu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pokok bahasan keliling bangun datar dalam pembelajaran daring antara kelas yang menggunakan whatsapp media video youtube dibandingkan dengan kelas yang menggunakan google meet media power point pada peserta didik kelas IV SDN Sebaung 1 Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pokok bahasan keliling bangun datar dalam pembelajaran daring antara kelas yang menggunakan whatsapp media video youtube dibandingkan dengan kelas yang menggunakan google meet media power point pada peserta didik kelas IV SDN sebaung 1 probolinggo. Penelitian ini dilakukan di SDN Sebaung 1 Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian ex-post-facto. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal test yaitu pre-test dan posttest yang sudah divalidasi oleh dua validator. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 54 peserta didik. Pada tahap awal penelitian, dilakukan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik sebelum dilakukan pembelajaran pada masing masing kelas. Rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum pembelajaran pada kelas IVA yang menggunakan Google Meet sebesar 75,92 dan pada kelas IVB yang menggunakan Video Youtube sebesar 67,96. Selanjutnya dilakukan pembelajaran matematika menggunakan media Google Meet pada kelas IVA dan Video Youtube pada kelas IVB. Setelah dilakukan pembelajaran menggunakan Video Youtube dan Google Meet kemudian dilakukan tes untuk mengukur kemampuan peserta didik setelah pembelajaran. Nilai posttest yang diperoleh antara kelas yang menggunakan Google Meet yaitu 86,85 dengan kelas yang menggunakan Video Youtube yaitu 75,92. Berdasarkan hasil tersebut kemudian dilakukan uji t menggunakan SPSS versi 23, maka diperoleh thitung sebesar 5,614 yang kemudian dikonsultasikan dengan ttabel db = 52 pada taraf signifikansi 5% adalah 1,674. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 5,614 > 1,674, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pokok bahasan keliling bangun datar dalam pembelajaran daring antara kelas yang menggunakan whatsapp dengan media video youtube dibandingkan dengan kelas yang menggunakan google meet dengan media power point pada peserta didik kelas IV SDN sebaung 1 probolinggo. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil tes yaitu pre-test dan postest maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pokok bahasan keliling bangun datar dalam pembelajaran daring antara kelas yang menggunakan whatsapp dengan media video youtube dibandingkan dengan kelas yang menggunakan google meet dengan media power point pada peserta didik kelas IV SDN sebaung 1 probolinggo tahun ajaran 2020/2021.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107780
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository