Show simple item record

dc.contributor.authorMALANINGTYAS, Novita Nur
dc.date.accessioned2022-06-27T16:18:00Z
dc.date.available2022-06-27T16:18:00Z
dc.date.issued2021-08-03
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107766
dc.description.abstractIlmu Pengetahuan Alam (IPA) atau natural science adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang gejala alam dan peristiwa yang ada di dalamnya. Proses pembelajaran IPA dapat mengembangkan tiga aspek penting siswa, yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Dengan adanya teknologi dalam pendidikan maka pembelajaran dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan) menggunakan internet. Salah satu pembelajaran yang memanfaatkan internet adalah pembelajaran e-learning. Pembelajaran dengan menggunakan e-learning memberikan kemudahan berupa pembelajaran yang fleksibel, lebih interaktif, dinamis, dan komunikatif antara guru dan siswa. Pembelajaran e-learning antara lain dapat dilaksanakan dengan menggunakan Cloud Classroom (CCR). Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mengkaji pengaruh penggunaan Cloud Classroom (CCR) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya terhadap keterampilan komunikasi siswa SMP, dan (2) mengkaji pengaruh penggunaan Cloud Classroom (CCR) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Purwoharjo pada semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 secara daring menggunakan Cloud Classroom (CCR) pada kelas eksperimen dan Google Classroom pada kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk keterampilan komunikasi adalah menggunakan observasi dan untuk berpikir kritis menggunakan tes. Instrumen utama penelitian ini yaitu lembar observasi dan soal tes. Sedangkan instrumen pendukung penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan wawancara. Teknik analisis data untuk menjawab rumusan masalah pertama dengan uji Mann-Whitney U. Sedangkan untuk menjawab rumusan masalah kedua dengan menggunakan uji independent sample t-test yang kedua data tersebut diolah berbantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian untuk menguji hipotesis pertama diperoleh data observasi yang tidak berdistribusi normal. Data observasi kemudian dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney U dan diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga dapat dinyatakan memiliki perbedaan secara signifikan rata-rata observasi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Oleh karena itu, penggunaan Cloud Classroom (CCR) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkunganya berpengaruh signifikan terhadap keterampilan komunikasi siswa SMP. Selanjutnya untuk menguji hipotesis kedua diperoleh data yang berdistribusi normal sehingga dilakukan uji independent sample t-test yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,007 < 0,05 sehingga dapat dinyatakan memiliki perbedaan secara signifikan rata-rata skor post-test berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan uji t-pihak kanan dan diperoleh hasil thitung (2,837) ≥ ttabel (1,677) maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya skor rata-rata berpikir kritis kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol sehingga penggunaan Cloud Classroom (CCR) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkunganya berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) penggunaan Cloud Classroom (CCR) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya berpengaruh signifikan terhadap keterampilan komunikasi siswa SMP. (2) Penggunaan Cloud Classroom (CCR) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Indrawati, M.Pd (Dosen Pembimbing) Dr. Iwan Wicaksono, S.Pd., M.Pd (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectInteraksi Makhluk Hidupen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Cloud Classroom Ccr pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya Terhadap Keterampilan Komunikasi Dan Berpikir Kritis Siswa Smpen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record