Show simple item record

dc.contributor.authorSA'DIYAH, Kholada
dc.date.accessioned2022-06-27T16:02:37Z
dc.date.available2022-06-27T16:02:37Z
dc.date.issued2021-07-07
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107712
dc.description.abstractSoal cerita matematika merupakan soal-soal matematika yang disajikan dalam bentuk kalimat-kalimat cerita. Bagian dari soal cerita yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari adalah materi bangun sisi lengkung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Yani (2019) bahwa hasil belajar siswa pada materi ini masih tergolong rendah karena masih kurangnya pemahaman siswa. Selain itu Seseorang dapat menyelesaikan masalah dengan baik, apabila didukung oleh kemampuan yang baik dalam dirinya untuk menghadapi suatu tantangan atau masalah, kemampuan ini disebut dengan kecerdasan AQ. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang sisi lengkung, sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang sama. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penyebab terjadinya kesalahan siswa pada 3 kategori AQ dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang sisi lengkung berdasarkan metode Newman. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Jember pada bulan Januari – Februari 2021. Langkah-langkah dalam pemenilian ini yaitu membuat instrumen berupa tes soal dan pedoman wawancara, kemudian dilanjutkan dengan memvalidasi instrumen. Setelah instumen direvisi dan dinyatakan valid, peneliti membagikan angket ARP untuk mengelompokkan siswa berdasarkan katergori AQ dan membagikan soal tes untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa. Selanjutnya peneliti memilih tiga subjek penelitian yaitu siswa yang termasuk dalam kategori peralihan quirter ke camper, camper dan perlihan camper ke climber. Tiga subjek tersebut kemudian diwawanacari untuk menggali lebih dalam informasi yang telah didapat sebelumnya. Hasil dari penelitian ini yang pertama yaitu jenis kesalahan yang dilakukan siswa berkategori AQ peralihan quirter ke camper adalah kesalahan memahami masalah. Kesalahan tersebut terjadi karena adanya kesalahan dalam mengoperasikan perkalian untuk mencari luas permukaan menara. Seharusnya hasil dari perhitungan dari 2 × 3,14 × 10 adalah 251,2 cm2 , namun yang dituliskan 125,6 cm2 Apabila ditinjau dari kecerdasan AQ, siswa berkategori AQ peralihan quirter ke camper adalah orang yang pesimis dan mudah menyerah. Kedua, jenis kesalahan yang dilakukan siswa berkategori AQ camper adalah kesalahan keterampilan proses. Kesalahan tersebut terjadi karena adanya kesalahan dalam mengoperasikan perkalian untuk mencari luas permukaan menara. Seharusnya hasil dari perhitungan dari 2 × 3,14 × 10 adalah 251,2 cm2 , namun yang dituliskan 125,6 cm2 . Apabila ditinjau dari kecerdasan AQ, siswa berkategori AQ camper adalah orang yang mau berusaha namun ragu dengan dirinya sendiri. Ketiga, jenis kesalahan yang dilakukan siswa berkategori peralihan camper ke climber adalah kesalahan transformasi. Kesalahan tersebut terjadi karena adanya kesalahan dalam menentukan rumus untuk mencari luas permukaan menara, rumus yang digunakan adalah 𝜋𝑟2 + 2𝜋𝑟𝑡 + 𝜋𝑟𝑠 padahal seharusnya rumus yang digunakan adalah luas selimut tabung yaitu 2𝜋𝑟𝑡 dan luas permukaan selimut kerucut yaitu 𝜋𝑟𝑠. Apabila ditinjau dari kecerdasan AQ siswa berkategori peralihan camper ke climber adalah orang mau berusaha keras serta optimis dengan apa yang dilakukan.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Susanto, M.Pd. (Dosen Pembimbing) Dr. Abi Suwito, S.Pd., M.Pd. (Dosen Pembimbing)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSoal Cerita Bangun Ruang Sisi Lengkungen_US
dc.titleAnalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang Sisi Lengkung Berdasarkan Metode Newman Ditinjau Dari Kecerdasan AQ Adversity Quotienten_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record