Hubungan Karakteristik Individu Dan Persepsi Bauran Pemasaran Dengan Proses Keputusan Memilih Pelayanan Rawat Jalan DI Rsud Ngimbang Kabupaten Lamongan
Abstract
Bauran pemasaran dilakukan untuk memenuhi permintaan yang konsumen
inginkan dan butuhkan, dan penyedia barang atau jasa mendapatkan keuntungan.
Berdasarkan studi pendahuluan didapatkan data jumlah kunjungan pasien lama
rawat jalan tahun 2019 sebanyak 36.879 pasien dan pasien umum di instalasi rawat
jalan sebanyak 10.530 pasien. Jumlah kunjungan mengalami perubahan fluktuatif
di setiap triwulannya. Selain itu, berdasarkan survey kepuasan masyarakat yang
dilakukan oleh peneliti didapatkan hasil yakni sebanyak 65% menyatakan kurang
puas dan 35% menyatakan sudah puas. Berdasarkan jumlah kunjungan rawat jalan
masih terdapat 23,5% pasien umum yang memanfaatkan pelayanan. Jumlah pasien
umum yang cukup besar ini dapat dijadikan peluang Rumah Sakit sebagai mangsa
pasar. Sebelum pasien memutuskan untuk memilih pelayanan kesehatan, maka
akan melakukan tahapan pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi
alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Tujuan penelitian ini
yaitu untuk menganalisis hubungan antara karakteristik individu dan persepsi
bauran pemasaran dengan proses pengambilan keputusan memilih pelayanan rawat
jalan RSUD Ngimbang Kabupaten Lamongan.
Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross
sectional yang dilakukan kepada pasien instalasi rawat jalan RSUD Ngimbang
sebanyak 98 responden dengan menggunakan teknik sampling Systematic Random
Sampling.Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah karakteristik individu
(jeniskelamin, umur, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, dan penghasilan
perbulan), bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik
dan proses) dan proses keputusan memilih pelayanan rawat jalan.
Collections
- UT-Faculty of Public Health [2227]