Show simple item record

dc.contributor.authorMusripa
dc.date.accessioned2013-09-18T03:45:10Z
dc.date.available2013-09-18T03:45:10Z
dc.date.issued2013-09-18
dc.identifier.nimNIM080210204105
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1075
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan karena pada pengamatan awal dilapangan menunjukkan beberapa permasalahan dalam menulis paragraf. Adapun permasalahan tersebut antara lain: (1) mengalami kesulitan dalam menemukan dan menuliskan ide /gagasan dalam bentuk paragraf, (2) siswa kesulitan dalam hal kebahasaan dan merangkai kata, (4) siswa belum bisa membuat kalimat yang padu dan (5) siswa belum mampu menggunakan ejaan dengan benar. Hal ini terjadi karena beberapa faktor yang kurang mendukung, salah satunya adalah kurangnya media yang mendukung dalam proses pembelajaran sehingga siswa cenderung bosan dan kurang tertarik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan media gambar dalam permaianan Tutomi. Dengan media tersebut dapat membantu siswa dalam menemukan ide/gagasan yang akan disampaikan, mudah didapat dan sangat murah. Berdasarkan masalah dan alasan tersebut, peneliti mengangkat permasalahan 1) bagaimanakah proses penerapan media gambar dalam permainan Tutomi yang dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas III SDN Sukoreno 03 Kalisat? dan 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Sukoreno 03 pada pembelajaran menulis paragraf deskripsi setelah menggunakan media gambar dalam permainan Tutomi? Kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi siswa kelas III SDN Sukoreno 03 Kalisat dengan media gambar dalam permaianan Tutomi mengalami peningkatan. Sebelum menggunakan media gambar dalam permainan Tutomi (prasiklus) hanya terdapat 8 siswa yang mencapai nilai ≥ 6 0. Setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media gambar dalam permaianan Tutomi pada siklus I terdapat 14 siswa yang mendapatkan nilai ≥ 6 0. Pada siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I, yang mendapat nilai ≥ 60 sebayak 17 siswa. Jadi, sebanyak 17 siswa atau 85% dari total 20 siswa kelas III SDN Sukoreno 03 Kalisat sudah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan yaitu ≥ 70% dari jumlah siswa mendapatkan nilai ≥ 60. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) penerapan media gambar dalam permainan Tutomi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan siswa Kelas III SDN Sukoreno 03 pada pembelajaran menulis paragraf deskripsi, 2) hasil belajar siswa kelas III SDN Sukoreno 03 Kalisat dalam menulis paragraf deskripsi mengalami peningkatan. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah sekolah hendaknya memberikan fasilitas untuk pengadaan media pembelajaran sehingga dapat menunjang tercapainya pelaksanaan pembelajaran menulis menjadi lebih baik dan guru dapat menggunakan media gambar dalam permaianan Tutomi sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204105;
dc.subjectKEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSIen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI SISWA KELAS III SDN SUKORENO 03 KALISAT DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PERMAINAN TUTOMI TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record