• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Etnomatematika pada Pengolahan Cokelat di Doesoen Kakao Banyuwangi Sebagai Bahan Menyusun Soal Matematika Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    NAFILA NUR AMALIAH - 170210204100.pdf (7.224Mb)
    Date
    2021-09-28
    Author
    AMALIA, Nafila Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Etnomatematika merupakan salah satu sarana untuk menyampaikan materi dengan menghubungkan matematika dengan kearifan lokal antara lain berupa budaya, aktivitas, hasil kerajinan yang menjadi ciri dari suatu daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnomatematika pada aktivitas pengolahan cokelat untuk menggali konsep matematika pada kegiatan menghitung, mengukur dan mendesain sebagai bahan menyusun soal matematika Sekolah Dasar. Tempat yang digunakan sebagai objek penelitian ialah Doesoen Kakao yang terdapat pabrik cokelat. Tempat ini terletak di Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode observasi yang dilakukan oleh 2 observer, metode wawancara terhadap 2 narasumber yaitu pegawai pengolahan cokelat di Doesoen Kakao serta dokumentasi. Pengolahan cokelat yang dimasksud dalam penelitian ini yaitu proses pengolahan biji kakao hingga menjadi produk cokelat yang siap untuk dinikmati. Pengolahan cokelat dimulai dari fermentasi biji kakao, pengeringan biji kakao, penggolongan biji kakao untuk menentukan mutu kakao, peyangraian/sangrai biji kakao, pemastaan biji kakao untuk menghasilkan pasta kakao sebagai bahan pembuat cokelat, pencampuran bahan pembuat cokelat, pengoncingan untuk homogenisasi bahan, pencetakan adonan cokelat, hingga pengepakan cokelat dalam bentuk kemasan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, tahapan-tahapan pengolahan cokelat mengandung kegiatan matematis berupa menghitung, mengukur dan mendesain. Kegiatan menghitung terdapat pada aktivitas menentukan banyak cokelat yang dihasilkan dalam sekali produksi dan menentukan harga cokelat berdasarkan massa/berat, jenis cokelat dan bentuknya. Kegiatan mengukur terdapat pada aktivitas fermentasi (menentukan banyak biji kakao yang akan difermentasi, mengatur lama, suhu dan kotak fermentasi), aktivitas pengeringan (menentukan waktu pengeringan, kapasitasnya serta panjang balok pengeringan), aktivitas penggolongan biji kakao (menentukan mutu kakao per 100 gram biji kakao). Selain itu, kegiatan mengukur juga terdapat pada aktivitas penyangraian biji kakao (menetukan waktu, massa/kapasitas biji kakao dan suhu penyangraian), aktivitas pemastaan biji kakao (menentukan massa/kapasitas dan waktu pemastaan), aktivitas pencampuran bahan (menentukan takaran bahan dan waktu), aktivitas pengoncingan (menetukan waktu, massa/kapasitas, dan suhu), dan aktivitas pengepakan (mengukur kemasan cokelat (panjang, lebar dan tinggi)). Kegiatan mendesain terletak pada bentuk-bentuk dari kotak fermentasi, balok raksasa pada proses pengeringan, mesin penyangraian, mesin pencampur bahan, mesin pengoncing, bentuk-bentuk cokelat dan bentuk kertas packing cokelat, bentuk bentuk tersebut mengandung unsur geometri bangun datar dan bangun ruang. Penelitian ini menghasilkan 10 kumpulan soal matematika untuk kelas 5 SD. Kumpulan soal disesuaikan dengan temuan etnomatematika pada pengolahan cokelat yang telah dicocokkan dengan materi dan kompetensi dasar (KD) pada jenjang sekolah dasar. Soal berhubungan dengan kegiatan menghitung, mengukur dan mendesain. Jenjang kelas 5 dipilih dikarenakan temuan etnomatemtika pada pengolahan cokelat lebih dominan mengacu pada materi matematika kelas 5.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107552
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository