Analisis Dimensi Kualitas Pelayanan Berdasarkan Teori Servqual Pasuraman Terhadap Kepuasan Peserta JKN KIS di Klinik Rolas Medika Jember
Abstract
Klinik Rolas Medika Jember merupakan RJTP dengan jumlah kapitasi
terbesar di Kabupaten Jember yaitu sebesar 161005 Peserta, namun pada laporan
feed back audit kepuasan peserta JKN KIS didapatkan hasil dengan nilai angka
walk throught audit (WTA) BPJS Kesehatan bahwa Klinik Rolas Medika memiliki
nilai kepuasan peserta sebesar 83 angka ini masih dibawah standart minimal yang
ditetapkan yaitu sebesar 85. Kepuasan pasien adalah suatu perasaan pasien yang
timbul akibat kepuasan layanan kesehatan yang diterima setelah pasien
membandingkannya dengan apa yang diharapkan. Kepuasan pasien merupakan
tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kepuasan layanan
kesehatan yang diperolehnya, setelah pasien membandingkan dengan apa yang
diharapkannya. Tujuan penelitian ini antara lain menganalisis pengaruh kualitas
pelayanan yang diukur dengan bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan
jaminan pelayanan terhadap kepuasan pasien peserta JKN KIS di Klinik Rolas
Medika Jember secara parsial dan simultan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Penelitian ini menguji pengaruh antara variabel kualitas pelayanan
dengan variabel kepuasan pelayanan di Klinik Rolas Medika. Penelitian ini
menggunakan rancangan Cross Sectional dilakukan di Klinik Rolas Medika
beralamat di Jalan Gajah Mada No.15 Kecamatanan Kaliwates Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilakukan sejak bulan Juni-Desember 2020. Populasi penelitian ini
adalah pasien BPJS JKN KIS Tahun 2021 sebanyak 16.1005 pasien. Jumlah
sampel dengan teknik systematic random, dan cluster random sejumlah 100
pasien.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang
diukur dengan bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan jaminan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien peserta JKN KIS di
Klinik Rolas Medika Jember secara simultan. Bukti fisik tidak berpengaruh
signfikan terhadap kepuasan pasien peserta JKN KIS di Klinik Rolas Medika
Jember secara langsung. Hal itu menunjukkan bahwa bukti fisik tidak dapat
meningkatkan kepuasan pasien. Kehandalan berpengaruh terhadap kepuasan
pasien. Ketanggapan berpengaruh terhadap kepuasan pasien peserta JKN KIS di
Klinik Rolas Medika Jember. Jaminan tidak berpengaruh terhadap kepuasan
pasien peserta JKN KIS di Klinik Rolas Medika Jember. Empati berpengaruh
terhadap kepuasan pasien peserta JKN KIS di Klinik Rolas Medika Jember.
Faktor empati yang paling berpengaruh kepuasan pasien peserta JKN KIS di
Klinik Rolas Medika Jember. Empati merupakan faktor yang paling baik
berpengaruh terhadap kepuasan kerja.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bukti fisik,
kehandalan, ketanggapan, jaminan dan jaminan pelayanan berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pasien peserta JKN KIS di Klinik Rolas Medika Jember secara
simultan Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa kehandalan, ketanggapan
dan empati terhadap kepuasan pasien. Sedangkan bukti fisik dan jaminan tidak
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien
Collections
- MT-Sciences of Health [112]