Show simple item record

dc.contributor.authorPRAYUDA, Dhea Violetha Aisy
dc.date.accessioned2022-06-27T08:09:47Z
dc.date.available2022-06-27T08:09:47Z
dc.date.issued2021-01-15
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107454
dc.description.abstractPendidikan di Indonesia menggunakan kurikulum 2013 yang menekankan pada penanaman karakter. Nilai karakter sendiri termasuk dalam K1 dan K2 dalam kurikulum yang menjelaskan bahwa setiap pembelajaran yang dilakukan selalu menanamkan nilai karakter. Siswa diharapkan dapat mengetahui setiap nilai karakkter yang terkandung dalam buku siswa dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pada tahun 2017 terjadi beberapa revisi pada nilai-nilai karakter yang dikemas hanya menjadi 5 karakter utama yaitu; religius; nasionalisme; mandiri; gotong royong; dan integritas. Nilai karakter ini sangat penting sehingga harus dimunculkan dalam pembelajaran karena karakter yang ditanamkan sejak dini dapat menjadikan pribadi siswa yang baik dan jujur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Berdasarkan uraian diatas dapat diketahui bahwa buku siswa kelas V tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan subtema 1 Peristiwa kebangsaan Masa Penjajahan Revisi tahun 2017 ini terdapat nilai karakter yang terkandung terutama nilai nasionalisme dalam masa penjajahan dan kegigihan perjuangan pahlawan dalam merebutkan kemerdekaan Indonesia, selain nilai nasionalisme juga terdapat nilainilai karakter lainnya seperti nilai religius, nilai gotong royong, nilai kemandirian dan nilai integritas. Nilai-nilai tersebut akan di analisis apakah dalam buku siswa tersebut terdapat nilai-nilai karakter yang sesuai dengan Permendikbud dan Silabus. Berdasarkan latar belakang diatas, maka dilakukan penelitian analisis dengan rumusan masalah sebagai berikut : Nilai-nilai karakter apa saja yang dianalisis pada buku siswa kelas V Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Revisi Tahun 2017.Jenis Penelitian menggunakan penelitian analisis deskriptif. Jenis penilitian ini menghasilkan deskripsi tentang nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku siswa kelasV tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Revisi Tahun 2017. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, menunjukan bahwa dalam buku siswa tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Revisi Tahun 2017 terdapat nilai karakter yang meliputi, (a) nilai religius 4; (b) nilai nasionalisme 23; (c) nilai kemandirian 19; (d) nilai gotong royong 21, yang ditunjukkan dengan adanya indikator sesuai dengan karakter dalam buku siswa siswa tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 1 Peristiwa Masa Kebangsaan pada Masa Penjajahan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah buku siswa kelas V tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan dalam Masa Penjajahan Revisi Tahun 2017 ini memiliki 4 nilai karakter yang meliputi: nilai religius; nilai nasionalisme; nilai kemandirian; nilai gotong royong yang sesuai dengan indikator nilai-nilai karakter. Saran bagi guru sebaiknya guru mengembangkan dan membelajarkan nilai karakter yang tidak terdapat dalam buku siswa tersebut agar mempermudah pembelajaran berlangsung ataupun guru dapat menjelaskan tentang nilai karakter yang terkandung dalam buku siswa kelas V tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan dalam Masa Penjajahan Revisi Tahun 2017 diakhir pembelajaran agar siswa dapat mengetahui dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 : Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectNILAI-NILAI KARAKTERen_US
dc.subjectPENDIDIKANen_US
dc.titleAnalisis Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas V Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Revisi Tahun 2017en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record