• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul Biologi SMA Kelas X Berbasis Etnobotani Masyarakat Kediri dan Sekitarnya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    Anita Ernawati - 170210103047.pdf (4.280Mb)
    Date
    2021-07-14
    Author
    ERNAWATI, Anita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman hayati serta dilengkapi dengan keanekaragaman budaya dari berbagai etnik masyarakat setempat sebagai sumber daya lokal. Salah satu sumberdaya alam yang dimanfaatkan oleh masyarakat yaitu berkaitan dengan ilmu etnobotani. Masyarakat banyak yang memanfaatkan tumbuhan sebagai sandang, pangan, papan dan keperluan lainnya. Saat ini, sebagian besar masyarakat lebih tertarik dengan memanfatkan sumber alternatif dikarenakan lebih praktis dan modern jika dibandingkan dengan kearifan lokal tumbuhan tradisional dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal tersebut akan berdampak pada menurunnya pengetahuan Etnobotani dalam masyarakat. Seiring dengan perkembangan zaman, karakter masyarakat perlu ditingkatkan untuk mempertahankan kearifan lokal budaya agar tetap lestari. Penguatan karakter ini salah satunya dilakukan melalui pendidikan terutama dalam pembelajaran. Pembelajaran biologi berbasis kearifan lokal juga dapat digunakan sebagai pembelajaran mengenai sumber daya alam yang wajib diketahui, dipahami dan dilestarikan oleh generasi muda melalui pendidikan. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa modul biologi SMA kelas X. Modul pokok bahasan Tumbuhan (Plantae) yang dikaitkan dengan kearifan lokal Etnobotani Masyarakat Suku Jawa di Kabupaten Kediri dan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul yang teruji valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu model Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di Kediri, Nganjuk, Jombang. Untuk uji coba di SMA Negeri 1 Plemahan, yaitu salah satu SMA Negeri yang ada di Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang tergolong masyarakat asli Jawa. Objek penelitian dalam penelitian pengembangan ini merupakan pengembangan modul pembelajaram berbasis kearifan lokal Etnobotani masyarakat asli Jawa di SMA Negeri 1 Plemahan (Kelas X Pokok Bahasan Tumbuhan (Plantae)). Metode pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara, yaitu observasi, wawancara, penyebaran angket/kuisioner, studi pustaka dan dokumentasi dan lembar tes hasil belajar. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis, yaitu menganalisis hasil validasi modul, analisis hasil uji keterbacaan, analisis hasil respon siswa dan analisis hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa produk yang dihasilkan berupa modul pembelajaran yang valid sebagai sumber belajar. Hasil penilaian validator ahli materi yaitu 98,82%; ahli pengembangan yaitu 80%; ahli media yaitu 88%; dan validator pengguna yaitu 95,25% dan keempatnya diinterpretasikan dalam kategori sangat valid. Yang artinya dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu uji coba skala kecil. Hasil dari uji coba skala kecil telah didapatkan rata-rata penilaian cloze test yang telah diberikan sebesar 89,7% dan diinterpretasikan dalam tingkat keterbacaan independen/mudah yang diartikan bahwa modul siap digunakan tanpa adanya revisi. Sehingga dapat dilanjutkan pada tahap selanjutnya, yaitu tahap uji coba skala besar untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan modul yang telah dikembangkan. Hasil uji kepraktisan telah didapatkan rata-rata penilaian respon siswa pada semua aspek sebesar 97,5% dan modul dapat diinterpretasikan dalam kategori sangat praktis. Hasil uji keefektifan didapatkan rata-rata nilai pre-test sebesar 56,52; rata-rata nilai post-test sebesar 81,45 dengan rata-rata selisih peningkatan sebesar 24,93. Hasil tersebut kemudian dianalisis menggunakan rumus Normalized gain dan didapatkan rata-rata peningkatan Normalized gain sebesar 0,58 yang berada pada kriteria sedang. Kemudian diubah ke dalam tabel tafsiran efektifitas menjadi persentase dan didapatkan skor 58% yang termasuk dalam kategori cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107436
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository