Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, dan Digital Marketing terhadap Keputusan Berkunjung Kembali pada Objek Wisata Dira Park Kencong di Era Kenormalan Baru
Abstract
Pandangan masyarakat yang menganggap bahwa pariwisata merupakan
suatu kebutuhan, maka setiap daerah di ndonesia berusaha untuk membangun
wisata baru serta mengembangkan ndustri pariwisata yang telah ada di daerah
masing- masing. Pariwisata juga merupakan salah satu ndustri yang bisa
menyediakan lapangan kerja, mempercepat pertumbuhan ekonomi, peningkatan
penghasilan, serta menstimulus sektor-sektor produktif lainnya. Pada dunia
pariwisata juga penting untuk mengkaji bagaimana strategi pemasaran untuk
menjangkau para wisatawan agar dapat tertarik dengan layanan yang diberikan.
Ada beberapa strategi pemasaran yang dapat menarik wisatawan untuk
berkunjung seperti, melihat kualitas layanan, kepuasan pelanggan, serta digital
marketing.
Kualitas layanan merupakan sebuah data tarik yang didalamnya mencakup
keunikan tata ruang (lansdcape) serta keindahan. Kualitas layanan yang baik yaitu
upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk menghadapi persaingan yang .
Konsumen mengharapkan fasilitas yang memadai, keamanan, kenyamanan,
ketenangan, dan pelayanan yang baik, sehingga perusahaan harus memikirkan
bagaimana memberikan kualitas pelayanan yang baik serta terus berkembang.
kepuasan pelanggan adalah hasil dari keseluruhan pendapat pengunjung pada
kualitas destinasi. Kepuasan pelanggan juga menjadi ukuran perusahaan untuk
mengadapi persingan di masa yang akan datang bahkan juga harus dirubah oleh
perusahaan karena perasaan tidak puas ataupun merugikan yang dirasakan oleh
pelanggan. Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang
menggunakan berbagi media berbasis website. Sebagai contoh adalah blog,
website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan sosial media.
Penelitian ni dilakukan pada objek wisata Dira Park Kencong yang
dilaksanakan pada bulan Oktober 2020. Rancangan penelitian ni yang digunakan
yaitu penelitian explanatory (explanatory research). Populasi pada penelitian ni
adalah seluruh pengunjung Dira Park Kencong. Metode sampling yang digunakan
adalah Purposive sampling. Jumlah sampel atau responden pada penelitian ni
yaitu sejumlah 130 pengunjung. Jenis data pada penelitian ni menggunakan data
kuantitatif yang dikualitatifkan dan diolah menggunakan statistik. Sumber data
yang digunakan dalam penelitian ni yaitu data primer dan data sekunder. Metode
analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel kualitas
layanan, kepuasan pelanggan, dan digital marketing berpengaruh signifikan
terhadap keputusan berkunjung kembali pada objek wisata Dira Park Kencong di era kenormalan baru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan, kepuasan pelanggan, dan digital marketing berpengaruh
terhadap keputusan berkunjung Kembali pada objek wisata Dira Park Kencong di
era kenormalan baru.