Show simple item record

dc.contributor.authorAgung Sedayu
dc.date.accessioned2013-12-19T11:16:34Z
dc.date.available2013-12-19T11:16:34Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM070210102092
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10740
dc.description.abstractSaat ini rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih merupakan masalah yang sulit dipecahkan. Berbagai jalan telah ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut, antara lain dengan penyempurnaan kurikulum, peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan dan peningkatan kualifikasi guru, pengadaan alat pengajaran, perbaikan sarana dan prasarana, peningkatan mutu manajemen sekolah, serta perbaikan sistem pengajaran. Kenyataannya, kualitas pendidikan khususnya mata pelajaran fisika masih rendah dan menjadi bahan perhatian dari segala pihak. Fisika merupakan ilmu yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari dalam fisika didasarkan pada hasil pengamatan tentang alam dan gejalagejalanya. Pembelajaran fisika menuntut siswa untuk berpikir kritis dan aktif sehingga diperlukan suatu model dan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar pada siswa. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah pendekatan pendekatan Active Learning dengan metode Buzz Group disertai feedback (umpan balik). Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengkaji aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan Active Learning dengan metode Buzz Group disertai feedback (umpan balik) dalam pembelajaran di SMP.dan 2) Mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Fisika siswa menggunakan pendekatan Active Learning dengan metode Buzz Group disertai feedback (umpan balik) dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Jenggawah. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas menggunakan SPSS. Penentuan sampel penelitian vii dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisa data menggunakan uji t untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu untuk mengkaji aktivitas belajar dan yang kedua yaitu mengkaji perbedaan hasil belajar. Hasil yang diperoleh adalah t hitung viii = 2,42 dan t =1,668, dengan menggunakan kriteria pengujian yaitu harga ( H 0 ) ditolak dan Ha diterima harga tabelhitung tabel tt  maka hipotesis nihil tt  maka hipotesis nihil (H tabelhitung diterima dan Ha ditolak, jadi dengan demikian, hipotesis nihil (H hipotesis kerja ( H ) diterima. Hasil analisis aktivitas belajar dari enam aspek yang diamati diperoleh bahwa persentase klasikal aktivitas belajar siswa 75,74 %.. a Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkaan bahwa: 1) Aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri Jenggawah tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan pendekatan Active Learning dengan metode Buzz Group disertai feedback (umpan balik) memiliki persentase klasikal 75,74 % dan 2) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan pendekatan Active Learning dengan metode Buzz Group disertai feedback (umpan balik) dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jenggawah tahun ajaran 2011/2012.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102092;
dc.subjectPENDEKATAN ACTIVE LEARNING DENGAN METODE DISERTAI FEEDBACK (UMPAN BALIK) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMP SKRIPSI DENGAN METODE (UMPen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING DENGAN METODE DISERTAI FEEDBACK (UMPAN BALIK) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record