Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Literasi Informasi dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS
Abstract
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Literasi Informasi dan Problem
Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran
IPS, Boiman, 150220303005, 2019: ... halaman, Program Studi Magister
Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Siswa SMP diharapkan memiliki keterampilan sosial dalam mengikuti
perkembangan dunia global. Hal ini sejalan dengan tujuan pembelajaran IPS yang
diantaranya adalah memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa
ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan
sosial. Untuk mewujudkan tercapainya tujuan tersebut dibutuhkan model
pembelajaran yang memiliki pengaruh yang kuat dan sesuai dengan perkembangan
jaman. Pokok permasalahan yang diteliti adalah adakah pengaruh penerapan model
pembelajaran Literasi Informasi (PLI) dan model pemebelajaran Problem Based
Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS).
Model rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
exsperimen. Jumlah peserta didik yang dijadikan sampel atau objek penelitian
dalam penelitian ini adalah 2 rombel yang masing-masing terdiri dari 20 orang
siswa Experimen pertama kedua kelas proses pembelajaran menggunakan model
pembelajaran Literasi Informasi dengan materi Tema 3 dan experiment kedua
proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning
dengan materi Tema 4.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil penghitungan statistik data
Model Pembelajaran Literasi Informasi di kelas VIII A menunjukkan bahwa tingkat
korelasi atau hubungan sebesar 0,733 atau positif 0,733 dengan signifikansi sebesar
0,000, Koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,537. Koefisien regresi sebesar
0,883. Nilai t hitung adalah sebesar 4,567 lebih besar dari t tabel 2,101. Dengan
demikian bahwa Model Pembelajaran Literasi Informasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Hasil Belajar peserta didik di Kelas VIII A. Data kelas
VIII C menunjukan tingkat korelasi atau hubungan (R) sebesar 0,781 atau positif
0,781 dengan signifikansi 0,000. Koefisien determinasi atau R Square sebesar
0,610. Koefisien regresi sebesar 1,097. Nilai t hitung adalah sebesar 5,304 lebih besar
dari t tabel 2,101, bahwa Model Pembelajaran Literasi Informasi mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap Hasil Belajar peserta didik di Kelas VIII C. (2)
Penghitungan statistik data Model Pembelajaran Problem Based Learning di kelas
VIII A menunjukkan bahwa tingkat korelasi atau hubungan sebesar 0,645 atau
positif 0,645 dengan signifikansi sebesar 0,002 < 0,05,. Koefisien determinasi atau
R Square sebesar 0,416. Koefisien regresi sebesar 1,000. Nilai t hitung adalah sebesar
3,584 lebih kecil dari t tabel 2,101, yang berarti bahwa Model Pembelajaran Problem
Based Learning berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar di kelas VIII A.
Statistik data Model Pembelajaran Problem Based Learning di kelas VIII C
menunjukkan bahwa tingkat korelasi atau hubungan sebesar 0,760 atau positif
0,760 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05,. Koefisien determinasi atau R
Square sebesar 0,577. Koefisien regresi sebesar 1,031. Nilai t hitung adalah sebesar
4,957 lebih besar dari t tabel 2,101, yang berarti bahwa Model Pembelajaran Problem
Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar di kelas VIII
C (3) Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan menggunakan One Way
ANOVA ditemukan bahwa signifikansi sebesar 0,985 atau lebih besar dari 0,05.
Fhitung sebesar 0,050, sementara itu nilai Ftabel sebesar 2,72. Dapat ditarik kesimpulan
bahwa tidak ada perbedaan signifikan pada hasil belajar melalui model
pembelajaran Literasi Informasi dengan Model Pembelajaran Problem Based
Learning.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Dari dua kelas yang dijadikan
responden dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Literasi
Informasi dan Model Pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap Hasil Belajar. Dan ditemukan tidak adanya perbedaan
signifikan pada hasil belajar melalui model pembelajaran Literasi Informasi dengan
Model Pembelajaran Problem Based Learning