Show simple item record

dc.contributor.authorLAKSONO, Dodod Dwi
dc.date.accessioned2022-06-23T02:29:04Z
dc.date.available2022-06-23T02:29:04Z
dc.date.issued2021-01
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107224
dc.descriptionValidasi unggah file repositori_Ighfirlina Yaumil Akhda Finalisasi unggah file repositori tanggal 23 Juni 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractPelajaran fisika bukanlah pelajaran hafalan melainkan lebih menuntut pemahaman konsep bukan aplikasi konsep tersebut. Pemahaman konsep fisika diperlukan untuk dapat memecahkan seluruh permasalahan fisika baik permasalahan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bentuk soal. Rata-rata siswa mengalami kesulitan dalam belajar fisika dikarenakan beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah mata pelajaran fisika banyak menggunakan rumus-rumus untuk menyelesaikan soal atau permasalahan, dan peranan guru dalam menyampaikan materi fisika kepada siswa. Keuntungan dalam mengetahui gaya belajar siswa, guru dapat menyesuaikan karakteristik siswa terhadap bagaimana mengajarkan materi yang akan diterima oleh siswa dalam pembelajaran. Selain itu, dengan siswa mengerti gaya belajarnya masing-masing maka siswa akan mudah memberikan perilaku belajarnya agar materi yang dipelajari lebih cepat diterima dengan baik. Analisis untuk mendapatkan fakta gaya belajar bisa sangat membantu dan bermanfaat bagi siswa yang membutuhkan bantuan dalam banyak curahan pada pertemuan pembelajaran, yang akhirnya akan meningkatkan kesuksesan dalam pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menkaji gaya belajar siswa SMA kelas XII, mengkaji hasil belajar kognitif aspek pemahaman siswa SMA kelas XII pada pokok bahasan rangkaian arus searah, mengkaji hasil belajar kognitif aspek pemahaman berdasarkan gaya belajar siswa SMA kelas XII. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini, maka bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil belajar kognitif aspek pemahaman berdasarkan gaya belajar siswa SMA kelas XII. Lokasi penelitian adalah kelas XII SMA Mumbulsari, yang berada di Jalan Karang Sirih, Suco, Mumbulsari, Kabupaten Jember. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Mumbulsari semester I. Penentuan subjek penelitian diambil dengan cara melihat hasil karakteristik gaya belajar yang telah dianalisis. Peneliti mempertimbangkan penentuan subjek penelitian dengan berbagai alasan yaitu subjek penelitian adalah subjek yang benar-benar visual saja, auditorial saja dan kinestetik saja. Berdasarkan angket gaya belajar, gaya belajar visual memiliki persentase 36,98 % yaitu sebanyak 27 siswa, gaya belajar auditorial 19,17 % yaitu sebanyak 14 siswa, gaya belajar kinestetik 34,24 % yaitu sebanyak 25 siswa, gaya belajar auditorial kinestetik 4,1 % yaitu sebanyak 3 siswa, gaya belajar visual auditorial 1,36 % yaitu sebanyak 1 siswa, dan gaya belajar visual auditorial kinestetik 4,1% yaitu sebanyak 3 siswa. Indikator-indikator pemahaman konsep yang didasarkan pada penelitian ini ada 3 diantaranya indikator translasi, indikator interpretasi, dan indikator ekstrapolasi. Rata-rata hasil persentase pada indikator translasi yang didapatkan dari semua sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 11,59%. Hasil persentase ini jika dikualifikasikan berada pada predikat kurang sekali. Rata-rat hasil persentase yang didapatkan pada indikator interpretasi sebesar 29,53%. Hasil persentase ini jika dikualifikasikan maka berada dalam predikat kurang sekali. Rata-rata hasil persentase yang didapatkan semua sampel penelitian pada indikator ekstrapolasi sebesar 25,05%. Hasil persentase ini jika dikualifikasikan maka berada dalam predikat kurang sekali. Berdasarkan analisis hasil belajar kognitif pada pemahaman konsep berdasarkan gaya belajar belum ada yang memenuhi kategori sangat baik. Pada indikator translasi, subjek visual rata-rata mendapat hasil persentase sebesar 0%. Pada subjek auditorial indikator translasi rata-rata mendapat hasil persentase sebesar 7,14%. Pada subjek kinestetik indikator translasi rata-rata mendapat hasil persentase sebesar 19,55%.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Dr. Yushardi, S.Si., M.Si. Dosen Pembimbing anggota : Dr. Sudarti, M.Kes.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPelajaran Fisikaen_US
dc.subjectBelajar Kognitifen_US
dc.subjectArus Listriken_US
dc.subjectGaya Belajaren_US
dc.titleAnalisis Hasil Belajar Kognitif Pada Pemahaman Konsep Berdasarkan Gaya Belajar Siswa SMA Mumbulsari Jember Kelas XII pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Rangkaian Arus Searahen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record