Show simple item record

dc.contributor.authorMAI SAROFA
dc.date.accessioned2013-09-18T03:22:46Z
dc.date.available2013-09-18T03:22:46Z
dc.date.issued2013-09-18
dc.identifier.nimNIM090210204223
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1070
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa SDN Mumbulsari 01 masih rendah. Faktor penghambat siswa untuk memahami soal dan materi yang diberikan guru adalah metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan aktivitas guru paling banyak mendominasi dalam proses pembelajaran. Akibatnya siswa menjadi pasif sehingga siswa malas belajar yang menyebabkan hasil belajarnya rendah. Berdasarkan hasil tes pendahuluan pada observasi awal dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 25% sedangkan rata-rata kelas hanya mencapai 60,6 (dibawah kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan sekolah yaitu 65). Oleh karena itu perlu dilaksanakan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan motivasi belajar, motivasi dapat ditumbuhkembangkan dengan menciptakan pembelajaran yang aktif, cara yang kreatif dan kondisi yang menyenangkan. Berkenaan dengan hal itu, maka dikembangkan suatu model pembelajaran yang disebut dengan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment dan Satisfaction).” Penelitian ini dilakukan dengan merumuskan masalah bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS materi semangat kepahlawanan dan cinta tanah air melalui model pembelajaran ARIAS di SDN Mumbulsari 01 tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS materi semangat kepahlawanan dan cinta tanah air melalui model pembelajaran ARIAS di SDN Mumbulsari 01 tahun pelajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SDN Mumbulsari 01 Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 18 siswa laki- laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Peneliti dibantu oleh 3 observer. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 4 Juli 2011 sampai tanggal 12 November 2011. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hal-hal yang dilakukan pada setiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini mengggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan Model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Mumbulsari 01 Jember. Peningkatan motivasi dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh setelah diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS, motivasi belajar siswa meningkat pada siklus I dengan skor rata-rata 2,2 dengan kriteris sedang dan pada siklus II skor rata-rata motivasi siswa semakin meningkat menjadi 2,54 dengan kriteria tinggi . Berdasarkan hasil tersebut, dengan diterapkannya model pembelajaran ARIAS motivasi belajar siswa dapat meningkat dari kriteria sedang meningkat menjadi tinggi. Hasil belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 25% yang menunjukkan kurang dari SKM yang telah ditentukan. Setelah diterapkan model pembelajara ARIAS, hasil belajar siswa mendapat rata-rata 79,8% pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 87,5%. Berdasarkan hasil tersebut, dengan diterapkannya model pembelajaran ARIAS dapat memperbaiki proses pembelajaran, yaitu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS materi semangat kepahlawanan dan cinta tanah air melalui model pembelajaran ARIAS di SDN Mumbulsari 01 tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan model pembelajaran ARIAS padaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204223;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION)en_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN IPS MATERI SEMANGAT KEPAHLAWANAN DAN CINTA TANAH AIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) DI SDN MUMBULSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012.en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record