• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Inovasi Proses Pelayanan Perizinan Non Berusaha Melalui Sirindunona di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jombang

    Thumbnail
    View/Open
    Rizki Oktovidiana 170910201010.pdf (8.236Mb)
    Date
    2022-03-14
    Author
    OKTOVIDIANA, Rizki
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sebelum tahun 2020 pelayanan perizinan non berusaha di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jombang dilakukan secara manual melalui tatap muka yang menimbulkan dugaan praktik maladministrasi. Untuk meminimalisir hal tersebut, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jombang melakukan terobosan baru dalam meringkas proses pelayanan perizinan non berusaha yang mengantikan pelayanan manual menjadi pelayanan elektronik melalui inovasi SIRINDUNONA. Upaya tersebut, menimbulkan gap positif terkait keberhasilan inovasi pelayanan perizinan non berusaha melalui SIRINDUNONA yang menimbulkan rasa penasaran dan ketertarikan tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis inovasi proses dalam pelayanan perizinan non berusaha melalui SIRINDUNONA di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh berupa observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan inovasi proses pelayanan perizinan non berusaha melalui SIRINDUNONA sudah berjalan baik berdasarkan teori Muluk (2008) sebagai gerakan pembaruan yang berkualitas yang mengacu pada kombinasi perubahan organisasi, prosedur dan kebijakan dalam berinovasi dan telah memenuhi kriteria penentuan inovasi proses pelayanan menurut Suripto dan Prasetyo (2014) yang telah dilaksanakan secara rutin dengan kemudahan akses secara luas dan terbuka bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan perizinan non berusaha kapan, dimana dan sesuai waktu yang diinginkan, membuat proses kerja pegawai semakin cepat, mudah dan effektif sehingga membuat masyarakat mendapat pelayanan yang cepat, mudah dan effektif dan duplikasi tumpang tindih yang terminimalisir melalui sistem database SIRINDUNONA. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan telah terjadi perubahan inovasi proses dalam pelayanan perizinan non berusaha melalui SIRINDUNONA namun perlu adanya upaya peningkatan sosialisasi dan kerjasama dalam meningkatkan kualitas jaringan internet dan pengembangan sistem SIRINDUNONA secara berkelanjutan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107048
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5682]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository