Show simple item record

dc.contributor.authorHASANAH, Uswatun
dc.date.accessioned2022-05-31T02:51:46Z
dc.date.available2022-05-31T02:51:46Z
dc.date.issued2022-01-22
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106946
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 31 Mei 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractUD. Lumintu merupakan perusahaan yang bergerak dibidang permebelan yang terdiri dari: bufet, meja dan kursi perkantoran, almari, tempat tidur dengan berbagai model. Perabotan berupa kursi ruang tamu, kursi lipat, sofa, meja makan, meja rias, meja kantor dan lain sebagainya. Proses pemasarannya UD. Lumintu diketahui menggunakan Penerapan Strategi Bauran Pemasaran 4P dapat dilihat dari sistem pemasaran yang dianut selama ini yang membuat mebelnya dikenal oleh masayarakat Jember khususnya Ambulu. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang mana informan utamanya yakni pimpinan sekaligus pemilik UD. Lumintu informan pendukung yakni karyawan UD. Lumintu. Metode pengumpulan data diperoleh dari Observasi, wawancara dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data. Terdapatnya persaingan pasar yang semakin ketat dan dihadapkan dengan beberapa mebel yang menjual produk berupa barang pengganti kayu yang biasa disebut dengan mebel jenis portable maupun almunium. Menyebabkan UD. Lumintu senantiasa menerapkan Strategi Bauran Pemasaran yang tak lain didalamnya terdapat produk yang dimaksud meningkatkan kualitas produknya yakni dengan cara tetap menggunakan bahan baku kayu dalam proses produksinya. UD. Lumintu mengolah bahan mentah menjadi barang yang siap untuk dipasarkan. Hasil Penelitian menujukkan bahwa strategi Bauran Pemasaran yang diterapkan oleh UD. Lumintu ialah strategi produk, harga, promosi dan saluran distribusi. Produk yang dihasilkan UD. Lumintu adalah produk mebel yang memperhatikan kualitas dan pengembangan produknya dari segi bentuk, jenis, dan variasi ukirannya agar tetap menjadi ciri khas dari produk yang dihasilkan sehingga mampu menarik minat konsumen dan mempertahankan pelanggannya. Ciri khas yang dimiliki oleh mebel ini yakni yang tetap mempertahankan bahan baku kayu, mengingat banyak sekali saat ini mebel yang beralih dengan bentuk portable maupun almunium. Harga untuk setiap pembelian produk mebelnya disesuaikan dengan ukuran mebel, bentuk, desain dan tingkat kesulitan dalam proses produksi. Harga jual dipertimbangkan dengan sebaik mungkin dan memberi diskon dalam pembelian tertentu. Dalam sistem promosinya UD. Lumintu menggunakan sistem personal selling, sales promotion, iklan dan media sosial guna memperoleh ketertarikan dari pelanggan. Pemilik atau pimpinan perusahaan tidak pernah mengikuti pameran karena mebel mereka sudah dikenal oleh masyarakat sekitar bahkan terkadang pelanggan mereka menceritakan ke orang lain mengenai kualitas dari UD. Lumintu sehingga itu merupakan bentuk promosi yang dibantu oleh pelanggan mereka sendiri. Saluran Distribusi pada UD. Lumintu menggunakan saluran distribusi langsung yaitu dengan menjual ke konsumen dan tidak menggunakan perantara atau agen. Proses penyaluran menggunakan transportasi mobil pickup dan truk pemilik bertanggungjawab penuh hingga barang sampai ke rumah konsumen. Jika terjadi kerusakan selama proses pendistribusian maka akan dipoles dan diperbaiki kembali. Keseluruhan strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh UD. Lumintu melalui program bauran pemasarannya adalah untuk mencapai tujuan perusahaan khususnya untuk menambah daya minat konsumen, mempertahankan pelanggan dan meningkatkan penjualan sehingga dengan ini perusahaan memperoleh laba atau keuntungan untuk kelangsungan perusahaan dalam jangka panjang. Usaha mengembangkan bisnis mebelnya UD. Lumintu membuat strategi agar pasar sasarannya semakin dikenal luas oleh masyarakat Ambulu dan sekitarnya.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama Drs. Joko Widodo, M.M Dosen Pembimbing Anggota Mukhamad Zulianto, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBauran Pemasaranen_US
dc.subjectUD. Lumintuen_US
dc.subjectKabupaten Jemberen_US
dc.titlePenerapan Strategi Bauran Pemasaran pada UD. Lumintu Furniture Jalan Manggar No.71 Tegalsari Kabupaten Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record