Show simple item record

dc.contributor.authorZANNAH, Fadhilah Noer
dc.date.accessioned2022-05-27T06:09:59Z
dc.date.available2022-05-27T06:09:59Z
dc.date.issued2022-02-16
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106903
dc.descriptionFinalisasi 27 Mei 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran membaca puisi pada kurikulum 2013 kelas II tema 5 subtema 1 tertuang dalam KD 3.5 mencermati puisi anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan, dan KD 4.5 membacakan teks puisi anak tentang alam dan lingkungan dalam bahasa Indonesia dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri. Oleh karena itu, penelitian tentang “Kemampuan Membaca Puisi Peserta Didik Kelas IIA SDN 1 Karangsari Kabupaten Banyuwangi di Era New Normal” mengacu pada kurikulum 2013 pada tema 5 subtema 1 KD 3.5 dan 4.5. Penelitian ini dilatarbelakangi atas ditemukannya peserta didik yang belum mampu membaca puisi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan membaca puisi peserta didik kelas IIA SDN 1 Karangsari Kabupaten Banyuwangi di era ner normal, dan (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca puisi peserta didik kelas IIA SDN 1 Karangsari Kabupaten Banyuwangi di era ner normal. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 22 peserta didik kelas IIA SDN 1 Karangsari Kabupaten Banyuwangi semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Teknis analisi data menggunakan analisis data statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini, yaitu (1) kemampuan membaca puisi peserta didik kelas IIA SDN 1 Karangsari Kabupaten Banyuwangi masuk kategori cukup. Hasil penghitungan persentase kategori kemampuan membaca puisi, yaitu (a) 1 peserta didik masuk kategori sangat baik dengan persentase 4,54%; (b) 4 peserta didik masuk kategori baik dengan persentase 18,18%; (c) 14 peserta didik masuk kategori cukup dengan persentase 63,64%; dan (d) 3 peserta didik masuk kategori kurang dengan persentase 13,64%; dan (2) faktor-faktor yang mempengaruhinya, yaitu (a) faktor internal yang terdiri atas minat, bakat, motivasi, rasa percaya diri, rasa malu, rasa takut, terburu-buru, kelancaran membacanya, serta kefokusan peserta didik, dan (b) faktor eksternal yang terdiri atas lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Drs. Hari Satrijono, M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKemampuan Membacaen_US
dc.subjectPembelajaran Bahasa Indonesiaen_US
dc.subjectPuisien_US
dc.subjectMembaca Puisien_US
dc.titleKemampuan Membaca Puisi Peserta Didik Kelas II-A SDN 1 Karangsari Kabupaten Banyuwangi di Era New Normalen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record