Show simple item record

dc.contributor.authorDIANA, Ayu Wahida Nur
dc.date.accessioned2022-05-25T04:55:10Z
dc.date.available2022-05-25T04:55:10Z
dc.date.issued2022-04-13
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106886
dc.description.abstractKemampuan menganalisis siswa Indonesia masih rendah pada materi IPA yang abstrak seperti pewarisan sifat genetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kartu gen dalam pembelajaran persilangan dihibrid berbasis pendekatan STEM terhadap analytical skill siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pre-test post-test kontrol grup. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 2 Maesan Bondowoso tahun ajaran 2021/2022 dan sampel menggunakan dua kelas yaitu kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan IX D sebagai kelas kontrol, dengan masing-masing kelas berjumlah 25 siswa. Pada kelas eksperimen menerapkan permainan kartu gen berbasis pendekatan STEM dalam pembelajaran secara tatap muka. Data dikumpulkan dengan tes uraian berdasarkan indikator untuk mengukur analytical skill siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi pengaruh yang signifikan dari penerapan permainan kartu gen terhadap analytical skill siswa SMPN 2 Maesan termasuk dalam kategori sedang.en_US
dc.description.sponsorshipErlia Narulita, S.Pd., M.Si., Ph.D., MCE., CIQnR., CIQaR. Mochammad Iqbal, S.Pd., M.Pd., MCE., CIQnR., CIQaR.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPermainanen_US
dc.subjectGame Edukasien_US
dc.subjectAnalytical Skillen_US
dc.subjectPendekatan STEMen_US
dc.subjectSiswa SMPen_US
dc.titlePengaruh Permainan Kartu Gen dalam Pembelajaran Persilangan Dihibrid Berbasis Pendekatan STEM terhadap Analytical Skill Siswa SMPen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record