dc.description.abstract | Pembelajaran virtual merupakan bentuk penerapan teknologi informasi di
bidang pendidikan yang dapat memudahkan guru maupun siswa menyimulasikan
berbagai materi pelajaran salah satunya konsep Sistem Pencernaan. Kurang
adanya variasi metode pembelajaran menyebabkan siswa kurang termotivasi
untuk belajar dan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu
metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan
aktivitas siswa adalah model TGT.
Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh pembelajaran
model Teams Games Tournament (TGT) dan pemberian tugas dengan media 3D
virtual world terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII semester gasal
SMPK Maria Fatima Jember. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menguji
pengaruh pembelajaran model Teams Games Tournament (TGT) dan pemberian
tugas dengan media 3D virtual world terhadap motivasi dan hasil belajar siswa
kelas VIII semester gasal SMPK Maria Fatima Jember.Penelitian ini merupakan
penelitian kuasi eksperimen. Proses tabulasi data dilaksanakan dengan observasi
mengajar, dokumentasi, pengukuran motivasi ARCS, tes hasil belajar dan
wawancara terhadap guru maupun siswa. Data yang diperoleh selankutnya
dianalisis dengan analisis varian (ANAVA) untuk uji homogenitas dan analisis
kovarian (ANAKOVA) terhadap data hasil penelitian yang didahului dengan uji
normalitas menggunakan One-Sample Kolmogorov Smirnov.
Berdasarkan perhitungan hasil uji kovarian terhadap angket motivasi
ARCS dibagi menjadi empat aspek yaitu Attention (perhatian), Relevance
(keterkaitan), Confidence (percaya diri) dan Satisfaction (kepuasan) yang masingmasing
aspek dilakukan analisis kovarian. Berdasarkan perhitungan Uji analisis
Kovarian terhadap nilai Attention0 dan Attention1 diketahui df pembilang 1 dan df
penyebut 72 dengan taraf signifikasi 0,05 maka didapatkan F
= 3,980. Dari
tabel di atas diketahui F
hitung
vii
tabel
= 67,409 atau lebih besar dari 3,980 sehingga H
ditolak, dengan asumsi ada pengaruh yang signifikan terhadap nilai Attention
(perhatian) siswa. Berdasarkan perhitungan Uji analisis Kovarian terhadap nilai
Relevance0 dan Relevance1 diketahui df pembilang 1 dan df penyebut 72 dengan
taraf signifikasi 0,05 maka didapatkan F
= 3,980. Dari tabel di atas diketahui
F
hitung
tabel
= 35,669 atau lebih besar dari 3,980 sehingga H
ditolak, dengan asumsi
ada pengaruh yang signifikan terhadap nilai Relevance (keterkaitan)
0
0
siswa.Berdasarkan perhitungan Uji analisis Kovarian terhadap nilai Confidence0
dan Confidence1 diketahui df pembilang 1 dan df penyebut 72 dengan taraf
signifikasi 0,05 maka didapatkan F
viii
tabel
= 3,980. Dari tabel di atas diketahui F
= 12,229 atau lebih besar dari 3,980 sehingga H
ditolak, dengan asumsi ada
pengaruh yang signifikan terhadap nilai Confidence (percaya diri)
siswa.Berdasarkan perhitungan Uji analisis Kovarian terhadap nilai Satisfaction0
dan Satisfaction1 diketahui df pembilang 1 dan df penyebut 72 dengan taraf
signifikasi 0,05 maka didapatkan F
tabel
0
= 3,980. Dari tabel di atas diketahui F
= 23,250 atau lebih besar dari 3,980 sehingga H
ditolak, dengan asumsi ada
pengaruh yang signifikan terhadap nilai Satisfaction (kepuasan) siswa.
0
Berdasarkan perhitungan Uji analisis Kovarian terhadap nilai Pretest dan
Posttest diketahui df pembilang 1 dan df penyebut 72 dengan taraf signifikasi 0,05
maka didapatkan F
tabel
= 3,980. Dari tabel di atas diketahui F
= 15,784 atau
lebih besar dari 3,980 sehingga H
0
hitung
ditolak, dengan asumsi ada pengaruh yang
signifikan terhadap nilai hasil belajar siswa
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah diartikan pembelajaran model
Teams Games Tournament (TGT) dan pemberian tugas dengan 3D virtual world
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa
kelas VIII di SMPK Maria Fatima Jember | en_US |