Show simple item record

dc.contributor.authorWidho Hanggar Dwimaheru
dc.date.accessioned2013-12-19T10:18:05Z
dc.date.available2013-12-19T10:18:05Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM060210301314
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10676
dc.description.abstractBerdasarkan informasi dari guru saat peneliti melakukan observasi awal di S MK Negeri 1 Tanggul, dalam menyampaikan materi pelajaran kewirausahaan guru sudah sering menggunakan metode diskusi Buzz-Group. Dengan metode diskusi tersebut guru dalam menyampaikan materi pelajaran masih menggunakan metode ceramah, dan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa guru membentuk diskusi kelompok yang dilaksanakan mendadak pada waktu pertengahan pelajaran setelah guru menyampaikan materi secara klasikal atau pada akhir pelajaran. Guru menggunakan metode diskusi tersebut karena hanya membutuhk an waktu yang singkat, sehingga dianggap cocok untuk diterapkan pada pembelajaran kewirausahaan. Standart kompetensi analisis peluang usaha sesuai dengan penggunaan metode diskusi, sebab dalam kompetensi dasar tersebut terdapat materi menganalisis sehingga cocok untuk didiskusikan. Kompetensi dasar analisis peluang usaha ini merupakan salah satu kompetensi dasar yang terdapat di kelas XI. Oleh sebab itu sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI SMK Negeri 1 Tanggul. Pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi Syndicate-Group, siswa diberi kebebasan untuk mengungkapkan pendapat dan pemikirannya tentang sesuatu yang dihadapi melalui diskusi mengenai permasalahan yang diberikan oleh guru. Dengan cara demikian siswa akan terbiasa dan terlatih untuk berfikir sendiri, memecahkan masalah yang dihadapinya, mandiri, kritis, kreatif, dan mampu mempertanggung jawabkan pemikirannya secara rasional. Dengan situasi tersebut maka siswa menjadi lebih termotivasi dalam belajar dan tentunya hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan dengan hasil belajar yang metode diskusi Buzz-Group yang pada akhirnya metode diskusi Syndicate-Group ini dapat menjadikan variasi guru dalam mengajar dan meningkatkan hasil belajar menjadi lebih maksimal . P enelitian ini merupakan jenis penelitian komparasional yang bertujuan untuk mengetahui perbedaaan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui metode diskusi Buzz -Group dengan yang diperoleh melalui metode diskusi Syndicate-Group pada mata pelajaran kewirausahaan kompetensi dasar analisis peluang usaha tahun ajaran 2 011/2012. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tanggul dimana subyek yang diteliti adalah siswa kelas XI. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive area . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI PJ 1, XI PJ 2 dan XI PJ 3. Sampel yang digunakan adalah kelas XI PJ 3 sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang menggunakan metode diskusi Buzz-Group dan kelas XI PJ 1 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan metode diskusi Syndicate-Group. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. S ebelum melakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan an ova dan dilakukan uji normalitas menggunakan chi square. Hasil uji analisis data pada ulangan harian dengan taraf signifikasi 5 % dan d.b. 74 diperoleh t tes = 1, 71 yang melebihi harga t = 1,667. Berdasarkan hasil penghitungan Uji t dapat diketahui bahwa nilai t viii tabel hitung > dari t dengan demikian hipotesis nol (H o ) ditolak dan hipotesis kerja (H a tabel ) diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan melalui penerapan metode diskusi Buzz -Group dan metode diskusi Syndicate-Group.Hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal yang diperoleh melalui metode diskusi sebesar 81,57% dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui metode diskusi Syndicate-Group sebesar 9 2.10%. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode diskusi Syndicate-Group lebih tinggi dibandingkan dengan metode diskusi Buzz-Group.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301314;
dc.subjectBuzz-Group dan Syndicate-Groupen_US
dc.titlePerbedaan Hasil Belajar Kewirausahaan Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Metode Diskusi Buzz-Group dan Syndicate-Group Pada Kompetensi Dasar Analisis Peluang Usahaen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record