Show simple item record

dc.contributor.authorDEWI, Imylia Kirana Candra
dc.date.accessioned2022-04-27T07:12:43Z
dc.date.available2022-04-27T07:12:43Z
dc.date.issued2022-03-04
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106659
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 27April 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractBondowoso merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Timur, Indonesia yang memiliki batik khas motif utama daun singkong. Motif batik ini terus berkembang seiring berjalannya waktu. Penambahan ornamen dalam mengambangkan motif batik juga dapat dilakukan dengan mengimplementasikan ilmu matematika. Fraktal merupakan pengulangan bentuk geometri dengan berbeda ukuran panjang dan lebar maupun posisi yang dapat membentuk objek tiruan disekitar. Hal ini disebut dengan pendekatan etnomatematika, suatu bidang yang mempelajari hubungan antara matematika dengan budaya setempat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research), dengan tujuan mengembangkan motif Batik Daun Singkong Bondowoso dengan ornamen fraktal yang kemudian dikemas menjadi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) SMA Kelas XI sesuai kurikulum 2013 materi Transformasi Geometri.. Ornamen daun singkong diambil dari motif Batik Daun Singkong Bondowoso yang di produksi di Daweea Batik Bondowoso. Berdasarkan hasil wawancara kepada salah satu guru matematika SMA Negeri 3 Jember yang menyatakan bahwa, siswa mengalami kesulitan dalam pemahaman dan pengimplementasian Transformasi Geometri. Model pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan alur yang dituliskan oleh Sugiyono. Tahapan pengembangan ini telah tersusun menjadi beberapa tahapan yakni, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain draf I, validasi draf I, revisi draf I, uji coba draf I, desain draf II, revisi draf II, uji coba draf II, revisi draf II, dan memproduksi produk. Hasil pengembangan Batik Daun Singkong Bondowoso dengan ornamen fraktal menghasilkan lima Batik Daun Singkong Bondowoso baru yakni, motif pertama yakni menggabungkan Daun Singkong Bondowoso dengan ornamen DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER x x Segitiga Sierpinski iterasi ke-6, motif kedua yakni menggabungkan Daun Singkong Bondowoso dengan ornamen Segitiga Sierpinski iterasi ke-5, motif ketiga yakni Daun Singkong Bondowoso dengan ornamen Box Fractal, motif keempat yakni menggabungkan Daun Singkong Bondowoso dengan ornamen Fractal Tree, motif kelima yakni menggabungkan Daun Singkong Bondowoso dengan ornamen Koch Snowflake iterasi ke-5. Penyusunan kelima motif batik menggunakan konsep Transformasi Geometri, yang kemudian digunakan dalam latihan soal pada LKPD yang dihasilkan. LKPD yang dihasilkan sebelum diproduksi secara masal terlebih dahulu dilakukan analisis validitias. Hasil validasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dinyatakan valid dengan perolehan 3,5 Va  selain itu, terdapat instrumen lembar angket respon siswa yang harus dilakukan validasi. Lembar angket respon siswa bertujuan untuk menilai LKPD efektif dan dapat terbaca oleh siswa. Lembar angket respon siswa dinyatakan valid dengan perolehan 3,6 Va  . Tahap selanjutnya yakni uji coba terbatas kepada 10 siswa SMA Negeri 3 Jember. Uji coba dilakukan secara tatap muka, didapatkan nilai rata-rata 79,3. Berdasarkan 10 siswa, diperoleh nilai tertinggi 99 dan terendah 88. Uji reliabilitas didapatkan skor 0,610 dengan tingkat reliabilitas tinggi. Dapat disimpulkan dari perolehan nilai LKPD maka, LKPD ini efektif dan terbaca untuk digunakan di siswa tingkat SMA. Berdasarkan hal tersebut, maka LKPD ini terjamin konsistensinya. Tahapan selanjutnya yakni, uji coba lapangan, namun penelitian ini dihentikan hingga tahap uji coba terbatas dikarenakan adanya virus COVID-19 varian baru, sehingga sekolah melakukan pembelajaran tatap muka terbatas. Berdasarkan hasil penelitian ini, dihasilkan LKPD dengan objek Batik Daun Singkong Bondowoso dengan ornamen fraktal dengan mengaplikasikan materi Transformasi Geometri. LKPD menyajikan ringkasan materi Transformasi Geometri dan latihan soal berbasis kehidupan sehari-hari. Saran untuk penelitian selanjutnya, untuk menguji kepraktisan dan mengatikan dengan peningkatan pemahaman siswa dengan adanya Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika.en_US
dc.description.sponsorshipDr Erfan Yudianto, M.Pd (Pembimbing I) Dr Susanto, M.Pd (Pembimbing II)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPola Fraktalen_US
dc.subjectEtnomatematikaen_US
dc.subjectBatik Lukis Motif Daun Singkongen_US
dc.titlePengembangan Pola Fraktal Berbasis Etnomatematika pada Batik Lukis Motif Daun Singkong Bondowoso sebagai Lembar Kerja Peserta Didiken_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record