Analisis Kesiapan Lembaga Taman Kanak-Kanak dalam Menghadapi Akreditasi
Date
2022-01-01Author
WIDIASTUTI, Reski Yulina
SUDARIYATNA, Baylisa Putri
Metadata
Show full item recordAbstract
Akreditasi menjadi acuan kualitas lembaga pendidikan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kesiapan lembaga TK Muslimat NU Al-Hikmah
Sukodono di Kabupaten Lumajang dalam menghadapi akreditasi. Metode
penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan
data menggunakan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Analisis data
menggunakan analisis interaktif miles Huberman meliputi pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data.
Kesimpulan penelitian, diketahui bahwa lembaga TK Muslimat NU Al-Hikmah
Sukodono di Kabupaten Lumajang belum memiliki status akreditasi. Hal
tersebut dikarenakan adanya beberapa hambatan pada saat proses pengajuan
permohonan akreditasi sekolah kepada BAN PAUD. Analisis Kesiapan TK
Muslimat NU Al-Hikmah Sukodono pada instrument EDS-PA dalam mengikuti
akreditasi pada tahun 2022 sebesar 72,5%. Standar areditasi yang belum
memenuhi ditemukan pada standar proses, standar sarana prasarana dan
standar pengelolaan.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7292]