Show simple item record

dc.contributor.authorShafwatul Makiyyah
dc.date.accessioned2013-12-19T10:02:37Z
dc.date.available2013-12-19T10:02:37Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM060210391224
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10657
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada guru ekonomi dan siswa kelas X.C MAU Ihya’ Ulumiddin Singojuruh Banyuwangi ditemukan adanya permasalahan yaitu siswa kurang bersemangat dalam mengikuti proses belajar mengajar. Motivasi belajar siswa kelas X.C cenderung tidak tampak pada saat proses pembelajaran, data hasil dari observasi awal menunjukkan skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 1,68 yang masih tergolong dalam kategori rendah, serta hasil belajar siswa kelas X.C masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas-kelas yang lain yaitu nilai rata-rata sebesar 51,62 dengan ketuntasan klasikal sebesar 59,40% dari 37 siswa. Permasalahan-permasalahan tersebut perlu dicarikan solusinya, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada siswa kelas X.C MAU Ihya’ Ulumiddin Singojuruh Banyuwangi mata pelajaran ekonomi pokok bahasan permintaan dan penawaran semester ganjil 2011/2012, (2) mendeskripsikan penerapan model Quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa X.C MAU Ihya’ Ulumiddin Singojuruh Banyuwangi mata pelajaran ekonomi pokok bahasan permintaan dan penawaran kelas semester ganjil 2011/2012. Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah model quantum teaching. Model quantum teaching berfokus pada hubungan di dalam lingkungan kelas, yaitu interaksi yang mendirikan landasan dan kerangka untuk belajar sehingga memudahkan proses belajar mengajar. Kerangka belajar dalam model quantum teaching dikenal dengan istilah TANDUR, yaitu Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi, dan Rayakan. Quantum teaching merupakan model pembelajaran yang tepat untuk mencapai motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang diinginkan, karena quantum teaching merupakan kiat, petunjuk yang dapat mempertajam daya ingat serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi yaitu seluruh siswa kelas X.C semester ganjil di MAU Ihya’ Ulumiddin Singojuruh sebanyak 37 siswa, dengan berdasarkan atas permasalahan motivasi dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini dilaksanakan dimulai dari tanggal 20 Juli – 10 Agustus 2011, pada hari Rabu pukul 10.00-11.30. Sumber data yang akan diperoleh dari penelitian ini yaitu sumber data primer. Data primer diperoleh selama proses tindakan berlangsung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana pada setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Siklus II dilaksanakan jika pada siklus I hasil dari penelitian belum mencapai target yang diinginkan. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan penelitian. Hasil dari analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu (1) dengan menerapkan model quantum teaching motivasi belajar siswa pada siswa kelas X.C MAU Ihya’ Ulumiddin Singojuruh mata pelajaran ekonomi pokok bahasan permintaan dan penawaran semester ganjil 2011/2012 mengalami peningkatan yaitu dengan skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 3,53 yang termasuk dalam kategori tinggi, (2) dengan menerapkan model quantum teaching hasil belajar siswa pada siswa kelas X.C MAU Ihya’ Ulumiddin Singojuruh mata pelajaran ekonomi pokok bahasan permintaan dan penawaran semester ganjil 2011/2012 mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata sebesar 85,42 dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 89% dari 37 siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210391224;
dc.subjectModel Quantum Teachingen_US
dc.titlePenerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record