Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, Anggi Yuniar Prabawaning
dc.date.accessioned2022-04-14T03:22:27Z
dc.date.available2022-04-14T03:22:27Z
dc.date.issued2022-01-31
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106397
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 14 April 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractPemahaman tentang penceritan dapat diperoleh dari karya sastra berupa novel, salah satunya adalah novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer. Novel Midah Simanis Bergigi Emas ini memiliki penceritaan yang menarik dengan alur maju di dalamnya. Hal ini terlihat dari pengarang yang menyusun cerita begitu komplek mulai dari perkenalan, konflik hingga penyelesaian, namun memiliki kilas balik dari dalam diri tokoh utama. Untuk memahami struktur naratologi diperlukan pengkajian berupa: urutan, durasi dan frekuensi, serta modus dan voice yang terdapat dalam rumusan masalah berikut (1) Bagaimana penceritaan novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedy Ananta Toer; (2) Bagaimana letak narator dalam novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer; (3) Bagimana pemanfaatan hasil penelitian novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer sebagai alternatif materi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XII Semester II. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Rancangan yang digunkan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan yang digunakan berupa pendekatan strktural yaitu keterkaitan semua analisi dan aspek karya sastra yang bersama-sama menghasilkan makna menyeluruh. Serta objektif yang berupa fakta-fakta yang tampak dalam penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer yang diterbitkan oleh Lentera Dipantara pada tahun 2003 dan kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Data dalam penelitian ini menggunakan tabel pemandu. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskripsi analisis. Deskripsi analisis merupakan proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil cacatan lapang, dan dokumentasi, dengan cara mengorganisasikan data ke dalam kategori, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyususn ke dalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari, dan membuat kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain. Hasil analisis dalam penelitian menunjukkan bahwa: pertama urutan dalam novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer memiliki pola urutan penceritaan prolepsis yaitu penyajian cerita secara kronologis, berurutan membuat alur maju. Hal ini dapat dilihat dari pengenalan tokoh di awal ceria, lalu berlanjut dengan mulainya konflik, hingga penyelesaian di dalam novel tersebut. selain urutan penceritaan terdapat dua unsur yang dibahas yaitu durasi dan frekuensi. Durasi berperan dalam menggambarkan perbedaan antara waktu yang sebenarnya dari suatu peristiwa dan waktu yang dibutuhkan narator untuk menceritakan peristiwa tersebut dalam cerita. Sedangkan frekuensi berhubungan dengan keseringan sebuah peristiwa terjadi dalam cerita dan seberapa sering peristiwa tersebut sisebutkan dalam cerita. Hal ini ditunjukkan dengan midah mengingat kembali bagimana sang ayah memarahinya karena piringan musik yang ia beli. Kejadian tersebut di tunjukkan beberapa kali dalam cerita, dan bertujuan untuk menguatkan kisah dalam cerita. Kedua letak narartor dalam novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer dalam hal ini terdapat dua unsur yang dibahas yaitu modus dan voice. Modus dan voice digunakan sebagai penjelas bahwa pengarang tidak berada di dalam kisah tersebut dan berada di luar cerita. ketiga, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagi alternatif materi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XII. Pembelajaran meliputi pemahaman teori unsur intrinik serta teori struktur naratologi secara mandiri. Kemudian, menemukan unsur intrinsik berupa tokoh, dan alur dan struktur naratologi dalam novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer. Kesimpulan dari penelitin ini adalah dengan menggunakan struktur naratif dalam novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer akan didapatkan berupa urutan kronologis yang membuat penceritaan dalam novel menjadi alur maju. Peran durasi dan frekuensi untuk memperkuat pengkisahan dalam novel sehingga pembaca dapat masuk dan merasakan secara langsung kejadian dalam novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer. x Selain itu, dengan struktur naratif letak narator dalam novel dapat ditemukan. Dengan menggunakan mood dan voice pembaca akan mudah mengetahui sudut pandang yang digunakan pengarang dalam pengkisan novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer. Selnajutnya struktur naratif ini juga dapat dijadikan alternatif materi pembelajaran bahasa indonesia di SMA dengan KD 3.9 menganalisis isi dan kebahassan teks novel. Penelitian ini disarankan untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam memahami struktur naratif yang terdapat dalam novel. Saran yang dapat diberikan adalah bagi penelitian selanjutnya agar lebih memperkuat teori tentang struktur naratif dan dapat menemukan tinjauan pustaka lebih luas tentang kajian struktur naratifen_US
dc.description.sponsorshipDra. Endang Sri Widayati., M.Pd (Pembimbing I) Siswanto, S.Pd., M.A. (Pembimbing II)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectNovel Midah Simanis Bergigi Emasen_US
dc.subjectStruktur Naratifen_US
dc.titleStruktur Naratif dalam Novel Midah Simanis Bergigi Emas Karya Pramoedya Ananta Toer dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record