Show simple item record

dc.contributor.authorAdlina
dc.date.accessioned2022-04-13T02:37:35Z
dc.date.available2022-04-13T02:37:35Z
dc.date.issued2022-01-18
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106353
dc.description.abstractBuku teks disusun dengan tujuan untuk mendukung siswa dalam meningkatkan ilmu pengetahuannya, menerapkan ilmu pada kehidupannya, dan juga menginternalisasikan nilai-nilai pelajaran ke dalam diri siswa. Salah satu nilai tersebut yaitu nilai budaya. Materi pada buku teks yang bermuatan nilai-nilai budaya ditujukan guna meningkatkan karakter siswa. Hal ini berkaitan dengan pendidikan karakter dalam kurikulum 2013 pada setiap mata pelajaran yang memuat kompetensi religius dan kompetensi sosial. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) bagaimanakah nilai-nilai budaya dalam pendahuluan bab pada buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia kelas IX SMP terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, (2) bagaimanakah nilai-nilai budaya dalam materi kajian pada buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia kelas IX SMP terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, (3) bagaimanakah nilai-nilai budaya dalam panduan kegiatan belajar pada buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia kelas IX SMP terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, dan (4) bagaimanakah strategi pengungkapan nilai-nilai budaya pada buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia kelas IX SMP terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Fokus penelitian yang dikaji yaitu nilai-nilai budaya pada pendahuluan bab, materi kajian, panduan kegiatan belajar serta strategi pengungkapan nilai-nilai budaya pada buku teks. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis wacana kritis model analisis wacana kritis teori Norman Fairclough yang terdiri atas tiga bagian yaitu deskripsi, interprestasi, dan eksplanasi. Sumber data penelitian ini adalah buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia kelas IX SMP terbitan Tiga Serangkai Pustaka Mandiri tahun 2020. Data penelitian berupa unsur internal wacana yang mengandung nilai-nilai budaya pada pendahuluan bab, materi kajian dan panduan kegiatan belajar. Lalu data lainnya berupa konteks sebagai unsur eksternal wacana, yaitu hubungan nilai-nilai budaya dengan realita sosial di luar buku teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh nilai budaya dalam pendahuluan bab, delapan nilai budaya dalam materi kajian dan delapan nilai budaya dalam panduan kegiatan belajar pada buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia kelas IX SMP. Nilai budaya yang ditampilkan pada pendahuluan bab meliputi nilai religius, nilai toleransi, nilai kerja keras, nilai tanggung jawab, nilai demokratis, nilai peduli sosial, dan nilai cinta tanah air. Lalu, nilai budaya yang ditampilkan pada materi kajian meliputi nilai religius, nilai toleransi, nilai kerja keras, nilai tanggung jawab, nilai demokratis, nilai peduli sosial, nilai peduli lingkungan, dan nilai cinta tanah air. Selanjutnya nilai budaya yang ditampilkan pada panduan kegiatan belajar meliputi nilai religius, nilai toleransi, nilai kerja keras, nilai tanggung jawab, nilai demokratis, nilai peduli sosial, nilai peduli lingkungan, dan nilai cinta tanah air. Berdasarkan hasil pembahasan, muatan nilainilai budaya pada buku teks Bahasa dan Sastra Indonesia kelas IX SMP cukup beragam dalam setiap bagian buku teksnya. Nilai-nilai budaya yang termuat pada dapat mempengaruhi perkembangan minat, sikap, emosi, dan penalaran siswa. Hal ini mengisyaratkan bahwa buku teks yang dianalisis merupakan media yang strategis dalam pengembangan sikap dan karakter siswa. Selanjutnya terdapat beberapa strategi pengungkapan nilai-nilai budaya pada buku teks yaitu penyampaian makna, pemilihan topik, penyajian berbagai jenis teks, pilihan kata dalam bait-bait puisi, pemilihan bentuk kalimat, kejadian dalam bentuk cerita, dan penggunaan diksi. Strategi pengungkapan tersebut mempermudah siswa dalam memahami nilai-nilai budaya yang muncul dalam setiap materi yang dipelajarinya. Saran yang diajukan berkenaan dengan penelitian ini yaitu bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, bagi guru bahasa Indonesia, bagi penerbit buku teks dan bagi peneliti lain yang sebidang ilmu.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Arju Muti’ah, M.Pd. Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Imu Pendidikanen_US
dc.subjectNilaien_US
dc.subjectBudayaen_US
dc.subjectBuku Teksen_US
dc.titleNILAI-NILAI BUDAYA DALAM BUKU TEKS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNTUK KELAS IX SMP TERBITAN TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI TAHUN 2020en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record