Show simple item record

dc.contributor.authorMariyatul Ulfah
dc.date.accessioned2013-12-19T09:22:52Z
dc.date.available2013-12-19T09:22:52Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM070210391009
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10627
dc.description.abstractPenerapan strategi dalam kegiatan pembelajaran sangat perlu untuk mempermudah proses pembelajaran dan dapat mencapai hasil yang optimal. Tanpa strategi yang jelas, proses pembelajaran tidak akan terarah sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sulit tercapai secara optimal. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMP Negeri 1 Pujer diketahui bahwa proses belajar mengajar masih kurang sesuai yang mengakibatkan siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi ARCS pada pokok bahasan pasar pada siswa kelas VIIIF SMPN 1 Pujer?; Bagaimana penerapan strategi ARCS pada pokok bahasan pasar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas VIIIF SMP Negeri 1 Pujer?; Bagaimana penerapan strategi ARCS pada pokok bahasan pasar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VIIIF SMP Negeri 1 Pujer?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi ARCS dan untuk meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa pada pokok bahasan pasar. Motivasi Belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu di SMPN 1 Pujer Bondowoso masih tergolong rendah, selain itu, hasil belajar siswa pada mata pelajaran tersebut juga masih belum memenuhi standar ketuntasan. Untuk itu , guru perlu mencoba menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekaligus hasil belajar siswa. Salah satu strategi yang dapat meningkatkan motivasi sekaligus hasil belajar siswa adalah strategi ARCS. Strategi ARC S dikembangkan oleh Keller (1987) yang merupakan strategi merancang pembelajaran tentang cara menjaga, mengelola, meningkatkan motivasi untuk mempengaruhi motivasi belajar dan peningkatan hasil belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive, yaitu pada kelas VIIIF di SMPN 1 Pujer Bondowoso. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi ARCS dapat meningkatkan motivasi dan hasil b elajar siswa kelas VIIIF SMPN 1 Pujer Bondowoso pada mata pelajaran IPS Terpadu pokok bahasan pasar semester ganjil tahun ajaran 2011 -2012. Peningkatan motivasi belajar siswa tersebut dapat dilihat dari skor rata – rata yang diperoleh dari sebelum tindakan yaitu 2,49 kategori rendah, siklus 1 sebesar 2,84 kategori sedan g dan pada siklus 2 sebesar 3,41 kategori tinggi. Hal ini berarti motivasi belajar siswa meningkat. Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan ketuntasan sebelum tindakan sebesar 48,48 % , ketuntasan pada siklus 1 sebesar 63,64% serta ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 81,81%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pada penerapan strategi ARCS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil bel ajar siswa kelas VIII-F SMPN 1 Pujer Bondowoso. Saran yang dapat diberikan adalah apabila ingin menerapkan strategi ini sebaiknya melihat karakteristik dan permasalahan siswa serta memilih materi pelajaran (pokok bahasan) yang sesuai dengan metode pembelaj aran yang digunakan serta sesuai dengan alokasi waktu yang ada.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210391009;
dc.subjectSTRATEGI ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTIONen_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTIONen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record